PERAN SUAMI PENYANDANG DISABILITAS DALAM PEMENUHAN NAFKAH KELUARGA UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Di DesaNgrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)

SIFA NUR ARIFAH, 12102193070 (2023) PERAN SUAMI PENYANDANG DISABILITAS DALAM PEMENUHAN NAFKAH KELUARGA UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Di DesaNgrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sifa Nur Arifah, 12102193070, Peran Suami Penyandang Disabilitas dalam Pemenuhan Nafkah Keluarga untuk Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Desa Ngrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing Dr. Eko Siswanto, M.H.I. Kata Kunci: Penyandang Disabilitas, Nafkah, Keluarga Sakinah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pemenuhan nafkah keluarga bagi suami penyandang disabilitas. Kondisi ini suami akan lebih membutuhkan bantuan dari orang lain, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka untuk dapat mewujudkan keluarga sakinah. Namun, tidak semua suami penyandang disabilitas memberikan beban nafkah kepada istrinya. Sehingga dalam penelitian ini peneliti mengungkapkan fakta bahwa suami disabilitas sebagai pemenuh nafkah dalam keluarga dan mampu membangun keluarga sakinah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah keluarga di Desa Ngrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek ?, 2) Bagaimana upaya suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah keluarga untuk mewujudkan keluarga sakinah di Desa Ngrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek ?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah keluarga di Desa Ngrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek 2) Untuk mengetahui upaya suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah keluarga untuk mewujudkan keluarga sakinah di Desa Ngrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek 3) Untuk mengetahui peran suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah keluarga prespektif hukum islam. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu tahap persiaan, pelaksanaan, tahap analisis data, penarikan kesimpulan dan yang terakhir yaitu tahap pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah di Desa Ngrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yaitu bekerja sebagai petani, peternak, pengrajin batako, guru Sekolah Luar Biasa dan pengatur lalu lintas. 2) Upaya suami penyandang disabilitas dalam pemenuhan nafkah keluarga untuk mewujudkan keluarga sakinah di Desa Ngrayung Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yaitu dengan menanamkan sikap saling menerima dan memahami antar pasangan, pemahaman ilmu agama, kerjasama antara suami dan istri dan membangun komunikasi yang baik. 3) Berdasarkan pada prespektif hukum islam sudah sesuai dengan Hukum Islam karena para suami disabilitas di Desa Ngrayung tetap bekerja memenuhi kewajiban nafkah terhadap istri dalam bentuk nafkah lahir maupun batin, serta saling bekerja sama antara suami istri untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102193070 Sifa Nur Arifah
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:50
Last Modified: 24 Aug 2023 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39233

Actions (login required)

View Item View Item