PENGEMBANGAN E-MODUL SAINTIFIK TERINTEGRASI SAINS DALAM AL-QUR’AN BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

MUHAMMAD HIZBULLOH ASROR PONCO, 12212193100 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL SAINTIFIK TERINTEGRASI SAINS DALAM AL-QUR’AN BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Saintifik Terintegrasi Sains dalam Al-Qur’an Berbantuan Flip Pdf Corporate Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit” ini ditulis oleh Muhammad Hizbulloh Asror P, NIM 12212193100, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata kunci : Pengembangan, e-modul, saintifik, integrasi sains dengan Al-Qur’an, flip pdf corporate, larutan elektrolit dan nonelektrolit. MA Darul Huda merupakan sekolah berbasis keagamaan yang mengedepankan pendidikan agama juga sejalan dengan ilmu kimia. Namun, bahan ajar yang digunakan belum terintegrasi sains dalam Al-Qur’an sehingga kebanyakan peserta didik belum mengetahui integrasi ilmu kimia dengan Al-Qur’an. Selain itu, kegiatan pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit masih menggunakan bahan ajar konvensional berupa LKS yang menurut peserta didik kurang menarik dikarenakan penjelasan/isi materi yang kurang lengkap serta contoh gambar kurang menarik. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan e-modul saintifik terintegrasi sains dalam Al-Qur’an berbantuan flip pdf corporate materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan e-modul saintifik terintegrasi sains dalam Al-Qur’an materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, (2) Mendeskripsikan kevalidan bahan ajar e-modul saintifik terintegrasi sains dalam Al-Qur’an materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, (3) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-modul saintifik terintegrasi sains dalam Al- Qur’an materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (desain), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop dikarenakan kendala keterbatasan waktu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen observasi, pedoman wawancara, lembar validasi, serta angket untuk mengetahui respon peserta didik kelas X MIA MA Darul Huda sejumlah 25 reponden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang diambil dari hasil observasi, wawancara, dan saran validator terkait bahan ajar e-modul, sedangkan analisis data kuantitatif diambil dari hasil validasi serta angket respon peserta didik dengan cara menghitung persentase rata-ratanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul saintifik terintegrasi sains dalam Al-Qur’an berbantuan flip pdf corporate materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dibuat dan dikembangkan melalui tahap define (analisis awal, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis materi, analisis tujuan pembelajaran, dan analisis integrasi sains dalam Al-Qur’an), design (penyusunan storyboard, desain awal), develop (validasi materi dan media, uji coba produk). (2) Hasil validasi materi terhadap pengembangan e-modul kimia dari dua validator memperoleh persentase rata-rata sebesar 84,25% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi media dari dua validator memperoleh persentase rata-rata sebesar 84,65% dengan kategori sangat valid. (3) Hasil uji produk berupa penyebaran angket respon peserta didik menunjukkan nilai rata-rata persentase sebesar 86,8% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar e-modul yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar elektronik pendukung pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: SKRIPSI 12212193100 MUHAMMAD HIZBULLOH ASROR PONCO
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:12
Last Modified: 06 Sep 2023 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39296

Actions (login required)

View Item View Item