PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (KAMPUNG KB) DALAM MENANGANI KEJADIAN STUNTING (Studi Kasus di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar)

ANINDA NIDHOMIL HIMA, 12102193086 (2023) PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (KAMPUNG KB) DALAM MENANGANI KEJADIAN STUNTING (Studi Kasus di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Aninda Nidhomil Hima, 12102193086, Pelaksanaan Program Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) dalam Mengatasi Kejadian Stunting (Studi Kasus di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar), Prodi Hukum Keluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, 2023, Pembimbing: Dr. H Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Kampung KB, Stunting, Efektivitas Program, Posyandu, Rembuk Stunting Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka pertumbuhan stunting di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Ini dibuktikan melalui data Puskesmas Talun mengenai jumlah anak stunting dari bulan Agustus 2022 sampai Juni 2023. Dalam penanganan stunting ini ada beberapa hal yang harus dilaksanakan dalam pencegahan stunting, salah satunya dengan adanya Program Kampung KB diharapkan mampu mengurangi angka prevalensi stunting. Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: 1). Bagaimana peran Kampung KB dalam mengatasi kejadian stunting di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar?, 2). Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program kampung KB dalam mengatasi stunting di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar?, 3). Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap kejadian stunting di Kecamatan Talun, kabupaten Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran Kampung Keluarga Berkualitas dalam mengatasi kejadian stunting di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, 2) Untuk mendeskripsikan factor pendukung dan factor penghambat pelaksanaan Kampung KB dalam mengatasi stunting di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, 3). Untuk mendeskripsikan tanggapan masyarakat terhadap kejadian stunting di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif yang lebih condong pada deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terhadap penyuluh KB, para bidan desa dan masyarakat yang anaknya beresiko stunting di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, mengumpulkan buku serta jurnal yang berkaitan dengan judul peneliti dan teori efektivitas program oleh Budiani. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, 1) Keberadaan kampung KB di Desa Jabung, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar telah berhasil mengurangi prevalensi anak stunting. 2) Faktor pendukungnya berupa adanya dukungan dari pemerintah, terdapat pelaksanaan KIE, terdapat dukungan dari tokoh masyarakat, terdapat sarana dan prasarana. Faktor yang menghambat adalah kurangnya partisipasi masyarakat terhadap kegiatan Kampung KB. 3) Masyarakat menunjukkan kesadaran mereka akan pentingnya posyandu dan tingkat partisipasi yang tinggi, terutama terkait dengan masalah stunting.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102193081 NIZA MUDDIN AZHARI
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:38
Last Modified: 29 Aug 2023 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39382

Actions (login required)

View Item View Item