PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IIIA SDI TANJUNGSARI SUKOREJO KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016

IRFA ZURAIDA, 2817123081 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IIIA SDI TANJUNGSARI SUKOREJO KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas III-A SDI Tanjungsari Sukorejo Kota Blitar”. Ditulis oleh Irfa Zuraida NIM: 2817123081, dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Macth, Hasil Belajar, Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Islam peserta didik banyak mengalami kesulitan belajar, realitanya di Sekolah Dasar Islam peserta didik wring diberi pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dimana aktivitas pembelajaran kebanyakan didominasi oleh guru. Dengan model tersebut peserta didik menjadi kurang mandiri dan pasif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Macth lebih aktif, menarik, dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III-A SDI Tanjungsari Sukorejo Kota Blitar pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan perkalian. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian peserta didik kelas III-A Sekolah Dasar Islam (SDI) Tanjungsari Sukorejo Kota Blitar; 2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian peserta didik kelas III-A Sekolah Dasar Islam (SDI) Tanjungsari Sukorejo Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas III-A pada mata pelajaran Matematika. Sedangkan Observasi, catatan lapangan, dan wawancara digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran make a macth, keadaan peserta didik maupun keadaan guru. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk dokumentasi tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 65. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth sangat efektif diterapkan pada peserta didik kelas 111-A Sekolah Dasar Islam (SDI) Tanjungsari Sukorejo Kota Blitar bidang studi matematika pokok bahasan perkalian. 2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 111-A Sekolah Dasar Islam (SDI) Tanjungsari Sukorejo Kota Blitar bidang studi matematika pokok bahasan perkalian. Dengan diketahui bahwa pada tes awal (pre test) nilai rata-rata hanya 53,94 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 34,38%, nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 63 pada tes formatif siklus 1, dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 56,25%, Pada siklus berikutnya, yaitu siklus 11 ter adi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 87,41 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 93,75%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123081 IRFA ZURAIDA
Date Deposited: 13 Oct 2016 02:01
Last Modified: 13 Oct 2016 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item