IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

TITRI ANDIANA, 2811123218 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN + LAMPIRAN.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Titri Andiana, NIM. 2811123218, pembimbing Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag, M.Pd. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an. MTs Al-Ma’arif Tulungagung merupakan madrasah tsanawiyah swasta yang memiliki murid terbanyak kedua se-Kabupaten Tulungagung yang terdapat pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan menggunakan metode An-Nahdliyah sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dan untuk menangani fenomena yang ada. Untuk itu peneliti berkeinginan untuk meneliti penerapan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan menggunakan metode An-Nahdliyah sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah siswa MTs Al-Ma’arif Tulungagung? (2) Bagaimana hasil belajar dari pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah siswa MTs Al-Ma’arif Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah siswa MTs Al-Ma’arif Tulungagung, (2) Untuk mengetahui hasil belajar dari pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah siswa MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi siswa untuk memotivasi semangat dalam belajar Al-Qur'an. Bagi tenaga pendidik Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dapat digunakan sebagai bahan evaluasi diri sebagai individu yang mempunyai kewajiban membimbing peserta didik serta memiliki kepedulian dalam memaksimalkan proses pendidikannya agar peserta didik mampu membaca Al-Qur’an, dan bagi perpustakaan IAIN Tulungagung dapat dijadikan sebagai literatur dan referensi di bidang pendidikan khususnya pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode An-Nahdliyah. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data utama adalah guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: (1) Guru menerapkan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi inkuiri sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan yang berpusat pada siswa (student centered approach) dan pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered approach). Metode pembelajaran yang digunakan variatif, yaitu metode drill, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode demonstrasi sesuai dengan metode penyampaian dari metode An-Nahdliyah. Dan menerapkan model pembelajaran PAIKEM, sehingga siswa aktif, kreatif, senantiasa inovatif pembelajaran menjadi efektif dan siswa juga merasa senang saat pembelajaran. (2) Hasil belajar dari pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dapat dikatakan cukup berhasil, karena sebelumnya banyak yang belum bisa membaca Al-Qur’an, bahkan belum mengenal huruf hijaiyah tapi sekarang sudah meningkat dan bisa membaca Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123218 TITRI ANDIANA
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:34
Last Modified: 17 Oct 2016 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item