AHMAD ZAENAL ABIDIN, 12850121045 (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Multisitus di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Jawa Timur dan SMP Islam Al Fatahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung Jawa Timur). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (8MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ahmad Zaenal Abidin, NIM: 12850121045. 2023. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Studi Multisitus di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Jawa Timur dan SMP Islam Al Fatahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung Jawa Timur)”. Tesis. Program Manajemen Pendidikan Islam. Program Magister. Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : 1) Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag. 2) Dr. H. Asrof Safi;i, M.Ag. Kata kunci : Kepemimpinan, Pemberdayaan, Sumber Daya Manusia Kepemimpinan kepala sekolah merupakan usaha sadar yang dilakukan kepala sekolah dalam proses mempengaruhi, memotivasi, dan menyebabkan seseorang atau kelompok orang secara terus menerus dan berkesinambungan dalam rangka pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Pemberdayaan atau pemberian wewenang (empowement) Sumber daya manusia dapat diartikan pelibatan karyawan yang benar-benar berarti. Dengan demikian, peberdayaan tidak sekedar hanya memiliki masukan, tetapi juga memperhatikan, mempertimbangkan, dan menindak lanjuti masukan tersebut apakah akan diterima atau tidak. Dalam penelitian ini peneliti lebih memfokuskan pada (1) formulasi kebijakan dalam peningkatan, (2) upaya kepala sekolah dan (3) implementasi kepala sekolah sebagai pimpinan dalam pemberdayaan sumber daya manusia. Sedangkan subjek sebagai informan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru-guru, dan siswa. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian yang berjudul “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Studi Multisitus di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Jawa Timur dan SMP Islam Al Fatahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung Jawa Timur)” maka diperoleh kesimpulan bahwa: 1.) Formulasi kebijakan dalam pemberdayaan sumber daya manusia dimulai dengan membangun hubungan yang harmonis dengan seluruh civitas akademika dan pihak eksternal dan setiap lembaga mempunyai metode tersendiri untuk menjalin hubungan tersebut menjalin kerjasama yang baik dan menciptakan hubungan yang harmonis, dengan pihak tendik dan tenaga kependidikan yang menjadikan tauladan, komunikasi efektif, profesionalitas, berani dalam mengambil kebijakan, Kebersamaan dalam penysusunan progres, pendelegasian wewenang kepada segenap civitas akademik. 2.) Upaya peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam pemberdayan sumber daya manusia, Kepala sekolah secara sistematis memberikan kesempatan kepada civitas akademik untuk mengembangkan diri di segala bentuk lingkup lembaga pengambangan, baik workshop atau lokakarya, baik internal mauun eksternal semua ikut dilibatkan. 3.) Implementasi pemberdayaan sumber daya manusia dalam kepemimpinanya Kepala sekolah secara periodic memberikan stimulant kepada segenap civitas akademik
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan Pengembangan Masyarakat Islam Sumber Daya Manusia |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 12850121045 AHMAD ZAENAL ABIDIN |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:02 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39557 |
Actions (login required)
View Item |