PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT, LOKASI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung )

IRZA ANDIKA, 12401193015 (2023) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT, LOKASI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung ). [ Skripsi ]

[img] Text
IRZA ANDIKA_12401193015_PERBANKAN SYARIAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perbankan syariah yang semakin pesat. Faktor-faktor seperti persepsi masyarakat, lokasi, dan religiusitas menjadi penting untuk diteliti, karena lembaga perbankan syariah perlu melakukan evaluasi dan pengembangan agar dapat meningkatkan eksistensinya dengan merekrut nasabah baru dan mempertahankan nasabah yang sudah ada. Selain itu, penelitian ini juga akan memberikan gambaran tentang seberapa besar minat masyarakat di desa untuk menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi masyarakat, lokasi dan religiusitas terhadap minat untuk menjadi nasabah pada Masyarakat Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Adapun populasi penelitian ini adalah masyarakat di Desa Moyoketen yang berusia 18 – 56 tahun sebanyak 1454 dan sampel yang digunakan ialah sebanyak 94 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, ujireliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji f, uji t, dan koefesien determinasi dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat, lokasi dan religiusitas secara bersama – sama berpengaruh terhadap minat untuk menjadi nasabah pada Masyarakat Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat desa menjadi nasabah di Bank Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401193015 IRZA ANDIKA
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:42
Last Modified: 30 Aug 2023 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39560

Actions (login required)

View Item View Item