MOTIF PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS MAKANAN TOKO OLEH-OLEH DI BANTEN

INE FITRI ABABIL, 12305193047 (2023) MOTIF PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS MAKANAN TOKO OLEH-OLEH DI BANTEN. [ Skripsi ]

[img] Text
MOTIF PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS MAKANAN TOKO OLEH-OLEH DI BANTEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)

Abstract

Media sosial instagram dapat digunakan untuk mencari suatu informasi yang dibutuhkan. Dengan hadirnya Instagram, mempermudah penyampaian suatu infromasi dari komunikator kepada komunikan. Media sosial instagram sendiri memberikan kemudahan akses promosi secara online sehingga promosi yang dilakukan lebih efektif dan efisien. Instagram memiliki keunikam yang mampu memperluas peluang bisnis dengan menggunakan fitur-fitur untuk sarana promosi. Setiap penggunaan media sosial khusunya instagram tentu memiliki motif-motif yang menjadikan dasar alasan atau dorongan seseorang itu bertindak. Penelitian ini berfokus terhadap motif penggunaan instagram sebagai sarana promosi bisnis makanan toko oleh-oleh di Banten dan respons konsumen terhadap promosi yang dilakukan akun tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif deskriptif, menurut Berlin & Awaluddin, adalah penelitian yang akan diamati dilapangan dengan transparan dan mendalam. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman menggunakan teknik pengumpulan data secara, observasi, wawancara, pencatatatan dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana motif penggunaan media sosial instagram sebagai sarana promosi bisnis makanan toko oleh-oleh di Banten Owner toko oleh-oleh dan juga konsumen menjadi peran penting pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan jika motif penggunaan media sosial instagram sebagai sarana promosi bisnis yang mana instagram sebagai media sosial utama dalam kehidupan sehari-hari, sebanyak 46.6% penggunaan Instagram di Banten lebih besar dari pengguna Tiktok 31,8% dan Facebook 21,6%. Respon konsumen terhadap promosi yang dilakukan tersebut positif. Kata kunci: Motif, Instagram, Promosi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 30 Aug 2023 09:49
Last Modified: 30 Aug 2023 09:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39564

Actions (login required)

View Item View Item