PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT, PRODUK DOMESTIK BRUTO DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus 8 Negara Anggota OKI)

AIMMA ZUHA MUSNIDA, 12850821002 (2023) PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT, PRODUK DOMESTIK BRUTO DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus 8 Negara Anggota OKI). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Foreign Direct Investment, Produk Domestik Bruto dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap Tingkat Pengangguran dengan Inflasi sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus 8 Negara Anggota OKI)” ini ditulis oleh Aimma Zuha Musnida, NIM. 12850821002, Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si dan Dr. Muhammad Aswad, M.A. Kata Kunci : FDI, PDB, IPM, Pengangguran, Inflasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah pengangguran yang menjadi momok negara-negara berkembang Adapun negara berkembang yang termasuk dalam D-8 anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yaitu Bangladesh, Mesir, Indonesia, Iran, Malaysia, Nigeria, Pakistan dan Turki. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh Foreign Direct Investment terhadap tingkat pengangguran (2) Untuk menguji pengaruh Produk Domestik Bruto terhadap tingkat pengangguran, (3) Untuk menguji pengaruh Indeks Pembangunan Manusia terhadap tingkat pengangguran, (4) Untuk menguji pengaruh Foreign Direct Invetsment terhadap tingkat pengangguran dengan inflasi sebagai variabel moderating, (5) Untuk menguji pengaruh Produk Domestik Bruto terhadap tingkat pengangguran dengan inflasi sebagai variabel moderating, (6) Untuk menguji pengaruh Indeks Pembangunan Manusia terhadap tingkat pengangguran OKI dengan inflasi sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling gunanya untuk menentukan kriteria khusus pada sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80, diambil dari laporan tahunan yang dipublikasi diwebsite resmi 8 Negara Anggota OKI dari tahun 2012-2021. Teknik analisis data menggunakan Eviews 10 dengan uji regresi data panel. Metode analisis dengan menggunakan uji CEM, uji FEM, uji REM, uji chow, uji hausman, uji asumsi klasik, dan uji moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Foreign Direct Investment berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat pengangguran, (2) Produk Domestik Bruto berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran, (3) Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran, (4) Foreign Direct Investment diperkuat oleh inflasi mempengaruhi tingkat pengangguran, (5) Produk Domestik Bruto diperkuat oleh inflasi mempengaruhi tingkat pengangguran, (6) Indeks Pembangunan Manusia tidak diperkuat oleh inflasi mempengaruhi tingkat pengangguran. Sedangkan Foreign Direct Investment, Produk Domestik Bruto, Indeks Pembangunan Manusia, serta inflasi sebagai variabel moderating secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat pengangguran di 8 negara Anggota OKI.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:16
Last Modified: 31 Aug 2023 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39602

Actions (login required)

View Item View Item