MEKANISME PENETAPAN HARGA AYAM POTONG DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus pada Rumah Potong Ayam di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan Desa Jeli Kecamatan Karangrejo Tulungagung)

MOH. IVAN FALIH AS’AD, 12101193015 (2023) MEKANISME PENETAPAN HARGA AYAM POTONG DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus pada Rumah Potong Ayam di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan Desa Jeli Kecamatan Karangrejo Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Mohammad Ivan Falih As’ad, 12101193015, “Mekanisme Penetapan Harga Ayam Potong Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus pada Rumah Potong Ayam di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan Desa Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung)”, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Septi Wulansari, M.H. Kata kunci: Hukum Islam, Penetapan Harga, Pelaku Bisnis, Jual Beli Penetapan harga merupakan salah satu kunci utama dalam menjalankan suatu usaha. Berbagai cara dan strategi dilakukan oleh pelaku bisnis dalam menetapkan harga agar dapat terus bersaing dan menarik minat konsumen agar keberlangsungan usaha bisa terus terjaga. Penetapan harga menjadi salah satu hal yang utama terlebih lagi dalam penentuan harga bahan pangan pokok. Di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan Desa Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung, ayam potong merupakan salah satu komoditas bahan pangan utama. Mekanisme dalam penetapan harga ayam potong ini menjadi salah satu peristiwa yang menarik untuk diteliti dan dikaji lebih dalam dari perspektif Hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1).Bagaimana mekanisme penetapan harga ayam potong pada rumah potong ayam di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri? 2).Bagaimana mekanisme penetapan harga ayam potong pada rumah potong ayam di Desa Jeli Kecamatan Kabupaten Tulungagung? 3). Bagaimana mekanisme penetapan harga ayam potong pada rumah pemotongan ayam di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan Desa Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung menurut perspektif Hukum Islam?. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian descriptive research. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara mendalam dengan beberapa informan atau narasumber, serta dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui beberapa langkah yang meliputi: pengumpulan data, pembersihan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data, data konklusi dan kesimpulan akhir. Selain itu metode pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu melalui metode perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Mekanisme penetapan harga ayam potong di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tergolong rendah akibat pengaruh dari permintaan dan penawaran yang tergolong rendah terutama pada wilayah tempat narasumber melaksanakan usaha. 2). Mekanisme penetapan harga ayam potong di Desa Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung lebih tinggi akibat pengaruh dari permintaan dan penawaran yang tinggi pula. 3). Menurut perspektif hukum Islam, mekanisme penetapan harga ayam potong di Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan Desa Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah dikarenakan telah menuhi unsur-unsur keadilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Ekonomi > Harga
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193015 MOH IVAN FALIH AS’AD
Date Deposited: 03 Sep 2023 13:46
Last Modified: 03 Sep 2023 13:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39645

Actions (login required)

View Item View Item