KEMANDIRIAN EKS PENYINTAS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus pada Komunitas Perempuan Mandiri Jombang/KPMJ)

ULUL MAHMUDAH, 12309193009 (2023) KEMANDIRIAN EKS PENYINTAS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus pada Komunitas Perempuan Mandiri Jombang/KPMJ). [ Skripsi ]

[img] Text
KEMANDIRIAN EKS PENYINTAS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kasus penelantaran ekonomi yang pernah terjadi pada penyintas KDRT sebagai titik balik peningkatan kesejahteraan keluarga serta peran KPMJ dalam membantu pemberdayaan perempuan. Upaya perempuan penyintas kekerasan dalam rumah tangga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga ditandai dengan kemandirian dalam hidupnya. Penelitian ini menggunakan konsep relasi kuasa pengetahuan dari Michel Foucault dalam menganalisis kesadaran pengetahuan yang dimiliki penyintas KDRT di KPMJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian menurut penyintas KDRT di KPMJ adalah keadaan ketika perempuan telah mampu menuntaskan polemik yang terjadi pada keluarga mereka terutama persoalan ekonomi. Kemandirian ekonomi tercipta ketika perempuan telah memiliki penghasilan sendiri dan berdaya dalam aspek, ekonomi, sosial, dan spiritual. KPMJ berperan memberikan akses pemberdayaan pada perempuan penyintas KDRT yang menghendaki kemandirian. Pelatihan keterampilan diberikan untuk membantu pemberdayaan perempuan dan menambah pengetahuan. Kesadaran perempuan penyintas KDRT untuk mandiri dilandasi adanya relasi kuasa pengetahuan yang dimilikinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: S1 12309193009 ULUL MAHMUDAH
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:42
Last Modified: 05 Sep 2023 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39755

Actions (login required)

View Item View Item