PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

NINA NIRMALA OKTAVIANI, 2814123122 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I revisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB II revisi.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
BAB III revisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Nina Nirmala Oktaviani dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: kooperatif, group investigation, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan penerapan metode group investigation dengan pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2015/2016. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2015/2016? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2015/2016?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2015/2016 (2) Ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2015/2016. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi siswa untuk memberikan semangat belajar. Bagi guru untuk mngoptimalkan proses pembelajaran matematika. Bagi sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan. Bagi pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi dan observasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang visi misi, letak geografis, sarana prasarana dan sejarah SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Analisis data menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2015/2016 mendapatkan hasil yang kurang memuaskan berdasarkan analisis data hasil perhitungan menunjukkan rata-rata nilai 67,75 pada kelas yang diajar menggunakan metode group investigation dan 61,44 pada kelas yang diajar menggunakan metode konvensional. (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung tahun ajaran 2015/2016, berdasarkan hasil perhitungan manual menggunakan t-test diperoleh thitung sebesar 3,05 dan ttabeldengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,68. Sehingga diperoleh thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123122 NINA NIRMALA OKTAVIANI
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:06
Last Modified: 31 Oct 2016 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item