penerapan sistem full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Islam Miftahul Huda Tulungagung

Zuliana, Ilfa (2014) penerapan sistem full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Islam Miftahul Huda Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
11. ABSTRAK.docx

Download (28kB)
[img] Text
Skripsi ku BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
Skripsi ku BAB II.docx

Download (86kB)
[img] Text
skripsi ku BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
Skripsi ku Bab IV.doc

Download (108kB)
[img] Text
Skripsi ku BAB V.docx

Download (24kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : penerapan sistem full day school, kualitas akhlak. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan pada hakekatnya tidak sekedar mengarah pada hasil pendidikan akan tetapi juga pada proses pelaksanaan pendidikan, Proses disini termasuk model kurikulum yang diterapkan. Berkenaan dengan penerapan kurikulum, sistem full day school merupakan salah satu bentuk model pendidikan yang sangat mendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sehubungan dengan upaya meningkatkan kualitas pendidikan, penulis memilih SD Islam Miftahul Huda sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan di lembaga tersebut memiliki keunikan dalam kolaborasi kurikulum, perkembangan infrastruktur sekolah dan sarana prasarana serta mampu menarik hati masyarakat untuk memasukkan putra-putri mereka ke sekolah tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran sistem full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswadi SD Islam Miftahul Huda Tulungagung? (2) Sejauh mana penerapan sistem full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Islam Miftahul Huda Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran sistem full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa di SD Islam Miftahul Huda Tulungagung, (2) Mendeskripsikan sejauh mana penerapan sistem full day school dalam membentuk kualitas akhlak anak di SD Islam Miftahul Huda Tulungagung. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Manfaat dari penelitian ini adalah (1) bagi guru hendaknya dengan diterapkannya sistem full day school otomatis waktu pembelajaran akan bertambah lama, di harapkan guru lebih bervariasi dalam pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga dengan penambahan waktu pembelajaran tersebut anak-anak tetap semangat dalam belajarnya, dan juga sebagai wadah dalam berinovasi dalam mengajar sehingga diharapkan nanti mampu mencetak pendidik-pendidik yang profesional yang sesuai dengan disiplin ilmunya yang mampu mengantar anak didiknya menuju kesuksesan, (2) bagi instansi yaitu sebagai bahan masukan dalam mengambil kebijaksanaan yang tepat dan memberikan atau menambah sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar guna meningkatkan mutu dan kualitas akhlak siswa sekaligus meningkatkan mutu pendidikan, (3) bagi peneliti yaitu membantu serta memberi informasi kepada guru akan pentingnya mencetak generasi masa depan dengan pembentukan kualita akhlakul karimah sedari dini. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: (1) bahwa penerapan sistem full day school dalam membentuk kualitas akhlak siswa strategi pembelajarannya yang bervariasi, seperti metode yang menyenangkan, pengelolaan kelas yang baik serta agar siswa tidak merasa jenuh atau bosan dengan situasi dan kondisi ruang belajar yang sama pada waktu proses kegiatan belajar mengajar maka pembelajarannya tidak hanya fokus di kelas terus tetapi juga di luar kelas (2) berjalan lancar dan dapat diterima oleh siswa dengan baik. Hal ini sesuai dengan hasil output di SD Islam Miftahul Huda ini yang mana lulusannya tidah hanya kompeten dalam bidang intelektual tetapi juga berakhlakul karimah. Siswa mampu menjadi imam sholat. Lomba sholat berjama’ah juara I tingkat kecamatan. Juara I M IPA dan Matematika.Celoteh anak Bahasa Inggris juara I. Juara I kreasi kaligrafi.Futsal juara II dan juara III.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 02:21
Last Modified: 09 Dec 2014 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item