PERSEPSI KAUM MILENIAL TERHADAP KONTEN DAKWAH LAMPU ISLAM DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE

MUHAMAD FARID YUDA PRATAMA, 12305193103 (2023) PERSEPSI KAUM MILENIAL TERHADAP KONTEN DAKWAH LAMPU ISLAM DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE. [ Skripsi ]

[img] Text
PERSEPSI KAUM MILENIAL TERHADAP KONTEN DAKWAH LAMPU ISLAM DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, proses penyampaian dakwah mengalami perubahan. Media sosial hadir sebagai bentuk dari perkembangan teknologi sekaligus sebagai media alternatif dalam penyampaian dakwah salah satunya YouTube. Setiap pendakwah atau konten kreator berusaha untuk menyampaikan dakwah dengan memuat konten-konten yang dikemas dengan berkualitas dan menarik agar tidak terkesan monoton dan dapat menarik masyarakat luas. Hal ini dilakukan oleh YouTube Lampu Islam dengan menyebarkan konten-konten dakwah dan Keislaman yang dikemas dengan menarik, dan beragam. Dengan melihat konten-konten dakwah yang menarik, maka akan menimbulkan persepsi yang berbeda-beda dari masyarakat khususnya kaum milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari kaum milenial terhadap konten dakwah Lampu Islam di media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Subjek penelitian ini berfokus kepada kaum milenial yang berdomisili di Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kaum milenial menunjukkan persepsi yang positif dengan konten-konten dakwah yang tersedia di Lampu Islam. Kaum milenial memersepsikan bahwa kanal Lampu Islam merupakan kanal yang memiliki beragam konten-konten dakwah dan keislaman yang menarik, kreatif, dan informatif. Informan juga memersepsikan bahwa konten dakwah Lampu Islam memiliki durasi yang cukup dan tidak membosankan. Pembawaan dari pendakwah yang cukup jelas dan lugas sehingga materi yang diberikan dapat dengan mudah dipahami. Dari segi visualisasi konten dakwah dalam kanal Lampu Islam juga tidak berlebihan. Kata kunci: Persepsi, Kaum Milenial, Dakwah, Lampu Islam, Youtube

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Media Sosial
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:17
Last Modified: 12 Sep 2023 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39953

Actions (login required)

View Item View Item