KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT TERHADAP BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus Di Desa Kalidawir, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung)

MOCH. FIKA MUWAFIKI, 12209173018 (2023) KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT TERHADAP BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus Di Desa Kalidawir, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Alam Gempa Bumi Di Kabupaten Tulungagung ditulis oleh Moch. Fika Muwafiki, NIM. 12209173018, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dibawah bimbingan Anggoro Putranto, M.Sc. Banyaknya bencana yang terjadi di Tulungagung semakin memperjelas pentingnya kapasitas seluruh komponen di bidang kesiapsiagaan bencana. Bencana tidak dapat dihindari, tetapi dampak negatif atau bahayanya dapat dikurangi. Untuk mengurangi risiko bencana, kita akan mampu mengelola bencana tersebut dan oleh karena itu memberikan dan pemahaman tentang mitigasi bencana sangat diperlukan bagi pemerintah daerah untuk mengantisipasi ketika gempa terjadi dan juga kesiapsiagaan masyarakat untuk membentuk bencana apapun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kesiapsiagaan warga masyarakat terhadap bencana alam gempa bumi di Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana pengetahuan masyarakat tentang mitigasi bencana alam gempa bumi di Kabupaten Tulungagung? 3) Bagimanakah peran pemerintah dalam penanggulangan bencana alam gempa bumi di Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang terdampak bencana alam gempa bumi di kabupaten Tulungagung. Sampel diambil dengan Teknik sampling nonprobabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket) berupa instrumen kesiapsiagaan masyarakat Desa Kalidawir terhadap bencana gempa bumi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kesiapsiagaan masyarakat Desa Kalidawir terhadap bencana gempa bumi tergolong pada kategori “cukup siap”, dengan mempertimbangangkan hasil dari wawancara masyarakat yang terdampak bencana alam gempa bumi. Pengalaman masyarakat terhadap bencana gempa bumi tanggal 10 april 2021 masih menyisakan rasa khawatir pada masyarakat apabila terjadi gempa susulan lagi, 2) Pengetahuan masyarakat tentang mitigasi bencana sudah cukup baik, meskipun harus tetap ada peningkatan tentang mitigasi bencana supaya lebih siap untuk menghadapi bencana dikemudian hari. Selain itu masyarakat juga mengetahui berbagai risiko yang timbul akibat suatu bencana, bahaya dan kerentanan yang mengancam wilayahnya serta kemampuan untuk menghadapi bencana khususnya gempa bumi. 3) Masyarakat Desa Kalidawir telah mendapatkan penyuluhan kebencanaan yang dilakukan oleh beberapa lembaga seperti BNPB dan BPBD. Untuk pelatihan mitigasi bencana, seluruh masyarakat belum pernah mendapatkan pelatihan baik dari BPBD maupun dari pemerintah desa. Sebagian besar masyarakat Desa Kalidawir mendapatkan penyuluhan kebencanaan yang dilaksanakan BNPB dan BPBD, serta pemrintah desa. Kata Kunci: Bencana Gempa bumi, Kesiapsiagaan, Masyarakat Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209173018 MOCH. FIKA MUWAFIKI
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:26
Last Modified: 08 Sep 2023 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39958

Actions (login required)

View Item View Item