PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN KUNIR DAN MTsN LANGKAPAN BLITAR

ANITA DWI PUSPITA, 1756144005 (2016) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN KUNIR DAN MTsN LANGKAPAN BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL LENGKAP.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Puspita, Anita Dwi, 1756144005, 2016. “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan Srengat”Tesis, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag dan Dr. Mohamad Jazeri M. Pd Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian yang diberikan orang tua dengan tujuan agar anaknya mendapatkan prestasi di sekolahnya dan kelak dapat tercapai cita-cita anaknya. Selain itu agar anak mampu menjadi pribadi yang mandiri. Bimbingan dan perhatian dari orang tua sangat diperlukan oleh anaknya dalam proses pencapaian prestasi belajar. Perhatian orang tua merupakan faktor utama dalam membimbing, mengarahkan dan mendidik anaknya dikalangan keluarga sehingga anak menjadi generasi penerus yang baik. Perhatian orang tua akan dicontoh anak dalam hal pembentukan karakter anak. Orang tua sebagai pengasuh serta bertanggung jawab penuh kepada anak dalam belajar baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Rumusan masalah (1) Adakah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan? (2) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan? (3) Adakah pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan. populasi sebanyak 1839 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling Jumlah sampel berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% yaitu sebanyak 237 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana (uji t), regresi berganda (uji F). Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan Blitar yang ditunjukkan dari t hitung < t tabel (2.770 >1.650). Nilai signifikansi t untuk variabel kedisiplinan adalah 0,006 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,006 > 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak . Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan Blitar. 2) Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan Blitar yang ditunjukkan dari t hitung < t tabel (2.305 > 1.650). Nilai signifikansi t untuk variabel perhatian orang tua adalah 0,022 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,022 > 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak . Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan Blitar. 3) Ada pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan Blitar yang ditunjukkan F hitung (5.999) > F tabel (3.040). dan tingkat signifikansi 0,003< 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,003, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari probabilitas ᾶ yang ditetapkan (0,003< 0,05). Jadi bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Kunir dan MTsN Langkapan Blitar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 1756144005 ANITA DWI PUSPITA
Date Deposited: 28 Oct 2016 07:52
Last Modified: 28 Oct 2016 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4000

Actions (login required)

View Item View Item