IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO (Studi Kasus pada BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung)

JORDI ANGGI KUSUMA LESTARI, 12401193119 (2023) IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO (Studi Kasus pada BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implmentasi Pembiayaan Mudharabah dalam Pengembangan Usaha Mikro (Studi Kasus pada BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung)” yang dituliskan oleh Jordi Anggi Kusuma Lestari dengan NIM. 12401193119, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi, Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Firda Zulfa Fahriani, M.Sy. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya karateristik pembiayaan yang berbeda khususnya dengan akad mudharabah dengan kredit yang diberikan oleh Bank Konvesional yaitu prinsif keadilan dan kebersamaan yang merupakan semangat dari Perbankan Syariah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembagian keuntungan dan kerugian antara BMT dengan Nasabah sebagai pihak pengelola. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendiskripsikan implementasi pembiayaan mudharabah di BMT Istiqomah dan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi pembiayaan mudharabah dalam pengembangan usaha mikro di BMT Istiqomah Tulngagung dan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi Teknik analisa data menggunkan kondensasi data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Triangulasi digunkan untuk pengecekan keabsaha data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Implementasi pembiayaan mudharabah di BMT Istiqomah Tulungagung dan BMT Rizwa Manba’ul Ulum Tulungagung yaitu dengan memberikan bantuan tambahan modal, membantu dalam hal pemasaran dan pendistribusian, membantu dalam sarana dan prasarana. Adapun prsedur dalam mengajukan pembiayaan di BMT yaitu nasabah dating ke BMT dan mengisi formulir permohonan serta menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan seperti fotocopy KTP, KK, buku nikah, serta melampirkan angunan jaminan berupa sertifikat atau BPKB. Selanjutnya BMT akan mempertimbangkan pemberian pembiayaan kepada nasabah dengan prinsif 5C. 2) Implementasi pembiayan mudharabah dapat dilakukan baik untuk muslim maupun non-muslim. Umur calon nasabah yaitu minimal sudah memiliki KTP, maksimal yaitu 50 tahun Target pengembangkan usaha mikro melalui pembiayaan mudharabah yaitu keberhasilan perkembangan usahan nasabah. Bagi hasil umumnya di BMT yaitu 40 untuk nasabah dan 60 untuk BMT. Selain itu dalam melakukan pengembangan usaha mikro BMT melakukan pengawasan dan memberikan penyuluhan serta solusi kepada nasabah apabila mengalami kendala dalam menjalakan usahanya ataupun dalm hal lainya. Adapun faktor yang menjadi penghambat kerjasama mudharabah adalah karena ketidakjujuran nasabah serta karena kemacetan usaha yang dijalani nasabah. Kata kunci: Pembiayaan Mudrabah, Usaha Mikro, Baitul Maal Wat Tamwil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193119 JORDI ANGGI KUSUMA LESTARI
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:03
Last Modified: 13 Sep 2023 08:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40021

Actions (login required)

View Item View Item