PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROGRAM ADIWIYATA TERHADAP KESADARAN DAN KEPEDULIAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN DI MTsN 1 KOTA BLITAR

OKTAVIA NISA’ULHUSNA, 12208193060 (2023) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROGRAM ADIWIYATA TERHADAP KESADARAN DAN KEPEDULIAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (873kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Program Adiwiyata Terhadap Kesadaran dan Kepedulian Melestarikan Lingkungan di MTsN 1 Kota Blitar” ini disusun oleh Oktavia Nisa‟ulhusna, NIM 12208193060, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Program Adiwiyata, Kesadaran, Kepedulian, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu permasalahan yaitu menurunnya kualitas kebersihan lingkungan sekolah. Hal tersebut, disebabkan oleh rendahnya kesadaran dan kepedulian siswa dalam melestarikan lingkungan sekolah. Jika dibiarkan, akan menjadikan lingkungan sekolah yang tidak sehat dan proses belajar mengajar menjadi tidak nyaman. Program Adiwiyata merupakan bentuk komitmen pemerintah dan perlindungan lingkungan melalui pendidikan. Program adiwiyata diharapkan mampu membentuk warga sekolah mempunyai budaya memelihara, memperhatikan, dan mencintai lingkungannya. Namun dalam pelaksanaannya program adiwiyata pada sebagian sekolah masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan persepsi siswa tentang program adiwiyata di MTsN 1 Kota Blitar, 2) menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang program adiwiyata terhadap kesadaran melestarikan lingkungan di MTsN 1 Kota Blitar, 3) menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang program adiwiyata terhadap kepedulian melestarikan lingkungan di MTsN 1 Kota Blitar, 4) menganalisis hubungan kesadaran terhadap kepedulian melestarikan lingkungan di MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah non eksperimental dengan bentuk penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 1 Kota Blitar. Penarikan sampel menggunakan rumus Solvin dengan batas kesalahan sebesar 10% diperoleh sampel sebanyak 91 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji korelasi. Hasil penelitian berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan adalah 1) Persepsi siswa tentang program adiwiyata di MTsN 1 Kota Blitar tergolong dalam kategori sedang dengan presentase 72,5%, 2) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang program adiwiyata terhadap kesadaran melestarikan lingkungan ditunjukkan dengan nilai sig. 0,00 < 0,05, dengan pengaruhnya sebesar 39,7%, 3) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang program adiwiyata terhadap kepedulian melestarikan lingkungan ditunjukkan dengan nilai sig. 0,00 < 0,05, dengan pengaruhnya sebesar 48,2%, 4) Terdapat hubungan kesadaran terhadap kepedulian melestarikan lingkungan di MTsN 1 Kota Blitar ditunjukkan dengan nilai sig. 0,00 < 0,05, dan kedua variabel memiliki hubungan kuat dan positif ditunjukkan dengan nilai Person Correlation sebesar 0,678.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193060 OKTAVIA NISA'ULHUSNA
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:40
Last Modified: 12 Sep 2023 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40025

Actions (login required)

View Item View Item