PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA DENGAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS AND CAPITAL (RGEC)

AHMAD ASROFI, 128508203003 (2023) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA DENGAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS AND CAPITAL (RGEC). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia dengan Metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning and Capital (RGEC)” ditulis oleh Ahmad Asrofi Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing oleh Dr. H. Dede Nurrohman, M. Ag. dan Dr. Binti Nur Asiyah, M. Si. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital, Bank Syariah Penelitian ini dilator belakangi oleh kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah yang harus diperhatikan untuk bisa terus menjaga eksistensinya. Kinerja keuangan menjadi tolak ukur yang sangat penting karena berkaitan dengan kegiatan operasional maupun non operasional perbankan. Banyak metode untuk menilai kinerja keuangan menjadikan penilaian kinerja keuangan bervariasi dari berbagai faktor. Sesuai ketetapan Bank Indonesia dalam penelitian ini menggunakan metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning and Capital untuk menilai kinerja keuangan dilihat dari rasio-rasio yang digunakan dalam penelitian. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia ditinjau dari faktor risk profile, (2) Untuk menguji perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia ditinjau dari faktor good corporate governance, (3) Untuk menguji perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia ditinjau dari faktor earning, (4) Untuk menguji perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah di Indonesia dan Malaysia ditinjau dari faktor capital. Pada penelitian ini pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, komparatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan 5 bank syariah Indonesia dan 5 bank syariah periode 2016-2020. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji normalitas dan uji Mann-Whithney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio NPF dan FDR. Sedangkan nilai komposit GCG, rasio ROA dan CAR tidak terdapat perbedaab yang signifikan. Perbankan Syariah Malaysia memiliki kinerja keuangan lebih baik ditinjau dari aspek risk profile pada rasio NPF dan penilaian GCG. Sedangkan kinerja keuangan perbankan syariah Indonesia lebih baik dalam aspek risk profile pada rasio FDR, aspek earnings pada rasio ROA dan aspek capital pada rasio CAR.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 128508203003 AHMAD ASROFI
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:44
Last Modified: 12 Sep 2023 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40055

Actions (login required)

View Item View Item