PERBEDAAN KOMPETENSI GURU PAI TERSERTIFIKASI MELALUI PORTOFOLIO DAN PENDIDIKAN LATIHAN PROFESI GURU PADA HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE KOTA KEDIRI

SITI AHMADAH, 1756144047 (2016) PERBEDAAN KOMPETENSI GURU PAI TERSERTIFIKASI MELALUI PORTOFOLIO DAN PENDIDIKAN LATIHAN PROFESI GURU PADA HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE KOTA KEDIRI. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Ahmadah, Siti, 1756144047 , 2016. “Perbedaan Kompetensi Guru PAI Tersertifikasi melalui Portofolio dan PLPG Pada Hasil Belajar Siswa Di SMKN Se Kota Kediri” Tesis, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Akhyak, M. Ag dan Dr. H. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Kompetensi Guru, Sertifikasi Guru dan Hasil Belajar Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi dengan adanya program sertifikasi guru. Program sertifikasi guru pendidikan agama Islam ataupun guru mata pelajaran sejauh ini belum menampakkan filosofi dan orientasi yang jelas. Akibatnya, perdebatan tentang sertifikasi guru dalam jabatan, baik melalui jalur penilaian portofolio, PLPG maupun jalur pendidikan seperti tidak menemukan kepastian. Bahkan sejumlah akademisi mengaku pesimistik bahwa sertifikasi menjamin peningkatan kualitas guru. Gagasan utama dibalik sertifikasi guru adalah peningkatan mutu dan pembaruan pendidikan nasional. UU nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menetapkan kualifikasi, kompetensi dan sertifikasi sebagai suatu kesatuan upaya pemberdayaan guru. Maka program sertifikasi seharusnya tidak dipandang sekadar legalisasi untuk memperoleh tunjangan profesi, tetapi lebih sebagai upaya meningkatkan kompetensi melalui pendidikan profesi. Kenyataan yang terjadi di lapangan bahwa guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan yang lulus sertifikasi melalui PLPG kemampuan penguasaan bahan pengajaran bterlihat berbeda, hal ini disebabkan karena guru yang lolos sertifikasi melalui portofolio cenderung tidak mendapatkan pengalaman baru di bidang pengajarannya sedangkan guru yang mengikuti PLPG mendapatkan pengalaman-pengalaman baru untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Mengacu dari latar belakang masalah yang telah dikemukakanbdiatas, berikut rumusan masalah dalam penelitian ini; 1) Bagaimana pengaruh kompetensi guru PAI tersertifikasi melalui portofolio pada hasil belajar siswa di SMKN se kota Kediri? 2) Bagaimana pengaruh kompetensi guru PAI tersertifikasi melalui PLPG pada hasil belajar siswa di SMKN se kota Kediri? 3) Apakah ada perbedaan kompetensi guru PAI tersertifikasi melalui portofolio dan PLPG pada hasil belajar siswa SMKN se-kota Kediri? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru PAI tersertifikasi melalui portopolio pada hasil belajar PAI di SMKN se-Kota Kediri. 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru PAI tersertifikasi melalui PLPG pada hasil belajar PAI di SMKN se-Kota Kediri. 3) Untuk mengetahui perbedaan kompetensi guru PAI tersertifikasi melalui portopolio dan PLPG pada hasil belajar PAI di SMKN se-Kota Kediri Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian komparasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI yang sudah sertifikasi melalui portofolio dan PLPG di SMKN se Kota Kediri. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru tersertifikasi melalui portofolio pada hasil belajar PAI siswa di SMKN se Kota Kediri yang ditunjukkan dari taraf signifikan sebesar 0,581 atau dengan prosentase sebesar 58,1%.(2) Pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru tersertifikasi melalui portofolio pada hasil belajar PAI siswa di SMKN se Kota Kediri yang ditunjukkan dari taraf signifikan sebesar 0,515 atau dengan prosentase sebesar 51,5%. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara kompetensi guru PAI tersertifikasi melalui Portofolio dan PLPG dengan mean difference sebesar 0,36, dan lebih tinggi hasil belajar dari guru yang tersertifikasi melalui portofolio dengan F hitung sebesar 0,461, dengan taraf signifikan sebesar 0,903.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144047 SITI AHMADAH
Date Deposited: 08 Nov 2016 02:34
Last Modified: 08 Nov 2016 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4007

Actions (login required)

View Item View Item