TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN MU’NAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT SYARI’AH PEGADAIAN (Studi di PT.Pegadaian Kantor Cabang Tulungagung)

AFIFAH ZHARFAN RAZANAH, 12101183121 (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENETAPAN MU’NAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT SYARI’AH PEGADAIAN (Studi di PT.Pegadaian Kantor Cabang Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Afifah Zharfan Razanah, 12101183121, Tinjauan Hukum Islam Tentang Penetapan Mu’nah Pada Kur Syari’ah Pegadaian (Studi Pada PT.Pegadaian Kantor Cabang Tulungagung), Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing : Arifah Millati Agustina,M.H.I. Kata kunci : Hukum Islam, Rahn, KUR Syari’ah Pegadaian KUR Syari’ah Pegadaian merupakan fasilitas pinjaman terbaru berdasarkan akad rahn yang dikeluarkan oleh PT.Pegadaian (persero) pada bulan Juli 2022. Dalam pelaksanaan praktiknya, terdapat biaya pemeliharaan atau penyimpanan yang dibebankan kepada nasabah yang disebut dengan mu’nah. Mekanisme penetapan mu’nah itulah yang menjadi isu menarik untuk peneliti kaji menggunakan tinjauan hukum Islam. Fokus dari penelitian ini adalah : 1. Bagaimana mekanisme KUR Syari’ah Pegadaian di Pegadaian Kantor Cabang Tulungagung ? 2. Bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap penetapan biaya Mu’nah dalam KUR Syari’ah Pegadaian di Pegadaian Kantor Cabang Tulungagung ? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Mekanisme Penyaluran KUR Syari’ah Pegadaian di PT.Pegadaian Kantor Cabang Tulungagung dalam tinjauan hukum islam belum memenuhi ketentuan rukun rahn yang disepakati oleh jumhur ulama serta ketentuan yang diatur dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah dan Fatwa DSN MUI. Namun apabila ditinjau menurut konsep akad qardh, KUR Syari’ah Pegadaian telah memenuhi rukun dan syarat akad qardh. 2. Mekanisme penetapan mu’nah KUR Syariah Pegadaian pada PT.Pegadaian Kantor Cabang Tulungagung tidak sesuai dengan ketentuan hukum islam terakit penetapan mu’nah. Selain itu apabila ditinjau menurut ketentuan akad qardh, maka besaran presentase ujrah pada KUR Syari’ah Pegadaian sebesar 3% pertahun atau setara 0,14% per bulan hal ini bertentangan dengan fatwa DSN Nomor: 56/DSN-MUI/V/2007 Ketentuan Review Ujrah pada Lembaga Keuangan Syariah, yang menjelaskan dan menetapkan bahwa besaran biaya ujrah tidak boleh diambil dari utang pokok/ pinjaman pokok/ ditentukan berdasarkan jumlah pinjaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183121 afifah zharfan razanah
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:27
Last Modified: 13 Sep 2023 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40102

Actions (login required)

View Item View Item