PENGEMBANGAN SOAL LITERASI SAINS KIMIA MODEL PISA (Program for International Student Assessment) UNTUK SISWA KELAS XI MAN 3 BLITAR PADA MATERI ASAM DAN BASA

JIHAN AMALIA APRIANTI, 12212193040 (2023) PENGEMBANGAN SOAL LITERASI SAINS KIMIA MODEL PISA (Program for International Student Assessment) UNTUK SISWA KELAS XI MAN 3 BLITAR PADA MATERI ASAM DAN BASA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Soal Literasi Sains Kimia Model PISA (Program for International Student Assessment) untuk Siswa Kelas XI MAN 3 Blitar pada Materi Asam dan Basa” ini ditulis oleh Jihan Amalia Aprianti, NIM. 12212193040, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata kunci : pengembangan instrumen, soal literasi sains kimia model PISA. Pengembangan soal literasi sains kimia model PISA dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa serta dapat mengimplementasikan keterampilan dan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam konteks literasi sains kimia. Berdasarkan hasil wawancara, pembelajaran kimia sudah seharusnya diarahkan pada literasi sains dimana dalam pelajaran kimia terdapat materi-materi yang bersifat kontekstual dan aplikatif di dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen soal dengan konten Perubahan dan hubungan (Change and Relationship) dapat dikonstruksi sesuai dengan standar soal PISA agar siswa dapat memodelkan perubahan dan hubungan dengan fungsi persamaan yang sesuai dan siswa terbiasa dengan soal level tinggi atau non routin. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan soal literasi sains kimia model PISA untuk siswa kelas XI MAN 3 Blitar pada materi asam dan basa. (2) Mengetahui kualitas soal literasi sains kimia model PISA yang dikembangkan untuk siswa kelas XI MAN 3 Blitar pada materi asam dan basa. (3) Mendeskrisikan level kemampuan literasi sains kimia pada soal model PISA siswa kelas XI MAN 3 Blitar. Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan 8 langkah Borg and Gall yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perancangan, mengembangan produk awal, validasi produk, revisi produk, ujicoba lapangan pertama, revisi produk dan ujicoba lapangan kedua. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan 2. Instrumen pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Analisis yang dilakukan secara bertahap mulai dengan analisis data validitas dan reliabilitas serta analisis butir soal yang terdiri dari tingkat kesukaran, daya beda dan efek potensial. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peneliti sudah mengembangkan (1) soal literasi sains model PISA dengan 12 butir soal dimana setiap satu level PISA terdapat 2 butir soal. (2) kualitas soal yang telah dikembangkan valid yang dapat dilihat dari hasil validasi oleh para ahli yang menyatakan soal instrumen yang dikembangkan sudah baik dan layak digunakan serta dari uji validitas menggunakan SPSS dengan hasil 10 soal valid dan 2 soal tidak valid. Hasil reliabilitas soal 0,570 yang dikategorikan cukup. Terdapat 4 soal dengan kategori sangat mudah, 4 soal dengan kategori sedang dan 4 soal dengan kategori sulit. Analisis daya pembeda soal terdapat 2 soal dengan kategori baik, 4 soal dengan kategori sedang, 5 soal dengan kategori lemah dan 1 soal dengan kategori jelek. (3) Hasil analisis data level kemampuan literasi sains siswa dari hasil ujicoba kedua memperlihatkan persentase potensi siswa pada level 1 (100%), level 2 (96,9%), level 3 (81,8%), level 4 (33,3%), level 5 (12,1%) dan level 6 (0%). Berdasarkan hasil persentase level kemampuan siswa dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa berpotensi pada level 3 dengan kategori sedang. Kata kunci : pengembangan instrument, soal literasi sains kimia model PISA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193040 JIHAN AMALIA APRIANTI
Date Deposited: 13 Sep 2023 05:41
Last Modified: 13 Sep 2023 05:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40115

Actions (login required)

View Item View Item