PENGARUH UANG SAKU, PUSAT KENDALI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Grab UIN SATU Tulungagung)

MUHAMMAD FAJAR MUKTI, 12406193025 (2023) PENGARUH UANG SAKU, PUSAT KENDALI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Grab UIN SATU Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Uang Saku, Pusat Kendali, dan Teman Sebaya Terhadap Pengelolaan Keuangan dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Intervening (pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Grab UIN SATU Tulungagung)” yang ditulis oleh Muhammad Fajar Mukti, NIM. 12406193025, Program Studi Manajemen Bisnis Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Rokhmat Subagiyo, M.E.I. Latar belakang penelitian ini sesuai dengan tabel cashflow yang menggambarkan bahwa beberapa mahasiswa belum mampu untuk mengelola keuangan pribadinya. Seoranng mahasiswa masih melakukan pengeluaran melebihi uang saku yang diberikan oleh orang tuanya dalam jangka waktu satu bulan. Demi menutupi pengeluaran yang berlebihan beberapa mahasiswa berhutang kepada temannya, ada juga yang meminta uang saku lagi kepada orang tua padahal belum mencapai jangka waktu satu bulan, dan ada juga yang bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Sesuai dengan beberapa penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa pengelolaan keuangan mahasiswa bermasalah sehingga perlu adanya penelitian lehih lanjut mengenai pengelolaan keuangan mahasiswa dengan objek yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji signifikasi pengaruh (1) uang saku terhadap pengelolaan keuangan (2) pusat kendali terhadap pengelolaan keuangan (3) teman sebaya terhadap pengelolaan keuangan (4) literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan (5) uang saku terhadap pengelolaan keuangan melalui literasi keuangan (6) pusat kendali terhadap pengelolaan keuangan melalui literasi keuangan (7) teman sebaya terhadap pengelolaan keuangan melalui literasi keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dengan jumlah sampel sebesar 140 responden, yaitu masiswa pengguna aplikasi grab UIN SATU Tulungagung. Teknik pengambilan data dengan menggunakan skala likert melalui penyebaran kuesioner, yang selanjutnya dilakukan analisis outer model, analisis inner model dan uji hipotesis. Dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwa variabel (1) uang saku berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan (2) pusat kendali berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan (3) teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan (4) literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan (5) uang saku berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan melalui literasi keuangan (6) pusat kendali berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan melalui literasi keuangan (7) teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan melalui literasi keuangan. Kata Kunci: uang saku, locus of control, teman sebaya, literasi keuangan, dan pengelolaan keuangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 12406193025 Muhammad Fajar Mukti
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:45
Last Modified: 02 Oct 2023 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40132

Actions (login required)

View Item View Item