INDAHSARI HIMATUL ROHMAH, 2814123091 (2016) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SUKU BANYAK BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS XI IPA 1 MAN KUNIR BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (757kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Himatul R, Indahsari. 2016. Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Suku Banyak Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas IX IPA 1 MAN Kunir Blitar Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Sutopo, M.Pd Kata Kunci: Proses Berpikir, Gender, Menyelesaikan Soal. Poses berpikir sangat berperan penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Setiap orang terutama laki-laki dan perempuan mempunyai proses berpikir yang berbeda-beda dimulai dari derajat terendah hingga tertinggi. Sekarang ini zaman semakin maju dan setiaporang dituntut untuk bisa lebih sensitif, aktif dan mandiri untuk bisa bertahan di dalamnya. Karena itulah, untuk bisa bersaing mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan seperti saat ini diharapkan setiap orang khususnya peserta didik dapat dilatih melalui pemberian masalah dalam bentuk soal yang bervariasi terutama dalam hal ini adalah matematika. Berpikir dalam matematika merupakan proses mental yang melibatkan pengetahuan, keterampilan bernalar, dan karakter intelektual bernalar untuk memecahkan masalah matematika. Pemecahan masalah mengacu pada fungsi otak untuk mengembangkan proses berpikir seseorang dalam menyelesaikan soal matematika. Proses berpikir merupakan peristiwa mencampur, mencocokkan, menggabungkan, menukar, dan mengurutkan konsep-konsep, persepsi-persepsi, dan pengalaman sebelumnya. Proses berpikir peserta dapat dilatih melalui pemberian masalah dalam bentuk yang bervariasi terutama dalam hal ini adalah matematika. Adapun indikator proses berpikir menurut Zuhri meliputi: (1) konseptual, (2) semi konseptual, (3) komputasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses berpikir siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal suku banyak di kelas XI IPA 1 MAN Kunir Blitar tahun ajaran 2015/2016?, (2) bagaimana proses berpikir siswa perempuan dalam menyelesaikan soal suku banyak di kelas XI IPA 1 MAN Kunir Blitar tahun ajaran 2015/2016?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal suku banyak dan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa perempuan dalam menyelesaikan soal suku banyak di kelas XI IPA1 MAN Kunir Blitar tahun 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini adalah MAN Kunir Blitar, sebagai sumber data 4 orang siswa yaitu 2 laki-laki dan 2 perempuan dari kelas XI IPA 1 MAN Kunir Blitar tahun ajaran 2015/2016. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan peneliti, triangulasi, pengecekan teman sejawat. Proses berpikir siswa kelas XI IPA 1
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814123091 INDAHSARI HIMATUL ROHMAH |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 03:07 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 14:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4021 |
Actions (login required)
View Item |