PERTUNJUKAN SENI JARANAN JAWA PERSPEKTIF TAFSIR KEBUDAYAAN (Studi Kasus Jaranan Turonggo Cahyo Manunggal Di Desa Sambigede Kabupaten Blitar)

MASLUCKI AMRULLOH, 12309183082 (2023) PERTUNJUKAN SENI JARANAN JAWA PERSPEKTIF TAFSIR KEBUDAYAAN (Studi Kasus Jaranan Turonggo Cahyo Manunggal Di Desa Sambigede Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
PERTUNJUKAN SENI JARANAN JAWA PERSPEKTIF TAFSIR KEBUDAYAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Pada Artikel ini peneliti akan menjelaskan mengenai pertunjukan seni jaranan jawa perspektif tafsir kebudayaan. Artikel ini membahas tentang makna simbolik rangkaian pertunjukan seni jaranan itu terjadi, sebagaimana yang banyak kita ketahui jaranan merupakan salah satu media yang digunakan oleh para wali untuk menyebarkan islam di tanah jawa. Sehingga unsur-unsur dan tariannya menggambarkan sifat-sifat manusia.Jaranan Turonggo Cahyo Manunggal merupakan salah satu jaranan yang hingga saat ini masih berkembang. Kesenian ini sebenarnya sangat menarik dan setiap jaranan pastinya memiliki ciri khasnya masing-masing. Dari tarian hingga pemaknaan yang diberikan dari setiap unsur-unsurnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif, Penggalian data yang pertama dilakukan dengan mencari artikel dan jurnal yang berhubungan dengan tema, yang kedua dengan melakukan wawancara kepada sesepuh, ketua jaranan, pemain, dan beberapa masyarakat desa Sambigede. Selanjutnya, peneliti melakukan observasi dengan menonton pertunjukan dan bagaimana rangkaian pertunjukan seni jaranan tersebut dilakukan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna dari keseluruhan rangkaian tari yang ada dalam kesenian jaranan ini yaitu menggambarkan sifatsifat kebaikan dan keburukan manusia, manusia yang baik biasanya mempunyai sifat yang baik, rendah hati, dan kesabaran sedangkan yang buruk biasanya mempunyai sifat yang jahat dan sombong. Namun banyak juga masyarakat yang menganggap tarian-tarian dalam jaranan merupakan sebuah ritual, hal ini disebabkan karena adanya animisme dan dinamisme yang sampai saat ini masih berkembang di Jawa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama > Budaya
Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: S1 12309183082 MASLUCKI AMRULLOH
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:48
Last Modified: 25 Sep 2023 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40255

Actions (login required)

View Item View Item