MODEL KOMUNIKASI GURU MENGAJI (Studi Kasus di TPQ Nurul Fata Desa Mronjo Kab Blitar)

JIHAN WAHIDA RAHMA SALSABILA, 12305183002 (2023) MODEL KOMUNIKASI GURU MENGAJI (Studi Kasus di TPQ Nurul Fata Desa Mronjo Kab Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
MODEL KOMUNIKASI GURU MENGAJI (Studi Kasus di TPQ Nurul Fata Desa Mronjo Kab Blitar).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga pendidikan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) merupakan sebuah lembaga pendidikan nonformal yang di dalamnya diajarkan cara membaca Al-Qur’an, mendalami serta belajar ilmu agama. Pendidikan pembelajaran Al-Qur’an di lembaga TPQ tak bisa dipisahkan dari interaksi antara guru ngaji dan murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi guru dan murid di TPQ Nurul Fata, Desa Mronjo Selopuro, Blitar. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara guru dan murid menggunakan model komunikasi interaksional. Model komunikasi interaksional menekankan keterlibatan aktif guru dan murid, serta interaksi antara keduanya memengaruhi proses pemahaman murid. Kegiatan pembelajaran menerapkan metode ceramah, tanya jawab, Latihan dan drill. Sedangkan Teknik mengajar menggunakan metode utsmani yaitu individual dan klasikal. Kata kunci : Model komunikasi, Guru ngaji, lembaga TPQ.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:46
Last Modified: 18 Sep 2023 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40260

Actions (login required)

View Item View Item