EKSISTENSI MEDIA CETAK DI TENGAH GEMPURAN MEDIA ONLINE PADA JAWA POS RADAR JOMBANG

FATIMAH DIAN STYARINI, 12305193098 (2023) EKSISTENSI MEDIA CETAK DI TENGAH GEMPURAN MEDIA ONLINE PADA JAWA POS RADAR JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
EKSISTENSI MEDIA CETAK DI TENGAH GEMPURAN MEDIA ONLINE PADA JAWA POS RADAR JOMBANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)

Abstract

Media cetak baik lokal, nasional, maupun internasional dalam satu dekade terakhir ini telah mengalami pasang surut. Jawa Pos Radar Jombang menjadi salah satu media cetak yang mampu bertahan di tengah gempuran media online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diambil oleh Jawa Pos Radar Jombang untuk mempertahankan media cetaknya dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dari media online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teori Henry Jenkins. Data diperoleh dari wawancara terstruktur dengan lima informan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Jawa Pos Radar Jombang melakukan beberapa inovasi dan strategi untuk mampu bertahan di tengah gempuran media online salah satunya dengan konvergensi, menghadirkan produk baru berupa media online dan media sosial seperti, Facebook, Instagram, Twitter, Tik Tok, dan Youtube. Selain itu untuk memperkuat karakternya media cetak juga melakukan perbaikan pada isi edisi cetaknya, dalam hal akurasi data, daya tarik visual, keunggulan jurnalistik dan menghadirkan rubrik-rubrik yang bersifat general. Kata Kunci: Media Massa, Jawa Pos Radar Jombang, Konvergensi Media

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Media Sosial
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:55
Last Modified: 19 Sep 2023 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40310

Actions (login required)

View Item View Item