JESSICA DYAH WARDANI, 12308183198 (2023) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DALAM MENGHADAPI PERKULIAHAN PASCA PANDEMI DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DALAM MENGHADAPI PERKULIAHAN PASCA PANDEMI DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Masa pasca pandemi membuat mahasiswa perlu menyesuaikan diri kembali pada sistem pembelajaran yang semula daring menjadi luring. Penelitian ini guna untuk membuktikan pengaruh dukungan sosial terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada masa pasca pandemi. Jenis penelitian yang dipakai adalah kuantitatif kausal komparatif dengan analisis regresi. Sampel yang dipakai adalah sejumlah 267 responden dengan memakai teknik Sampling Insidental. Metode dalam pengumpulan data akan memakai skala dukungan sosial dan skala penyesuaian diri, dan uji hipotesis memakai uji regresi linear sederhana. Didapatkan hasil nilai signifikansi sejumlah 0,000<0,05. Serta nilai koefisien regresi yakni 0,427, nilai R 2 yakni 0,335 atau sebanding 33,5%. Dengan hal ini maka dapat disimpulkan penelitian ini memperoleh hasil bahwasanya dukungan sosial berfungsi secara signifikan atas penyesuaian diri pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pasca pandemi. Hal ini berarti apabila dukungan sosial yang diperoleh terbilang besar, kemudian penyesuaian diri yang ada pada mahasiswa pasca pandemi juga akan terbilang besar atau dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci: UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi sosial |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | S1 12308183198 JESSICA DYAH WARDANI |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 03:51 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 03:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40322 |
Actions (login required)
View Item |