PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN 10 BLITAR

LUCKY REZA WAHYUNINGTYAS, 12211193081 (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Getaran Dan Gelombang Di MTsN 10 Blitar” ditulis oleh Lucky Reza Wahyuningtyas, NIM. 12211193081, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Problem Based Learning, keaktifan belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keaktifan siswa dalam belajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru dengan menggunakan model konvensional, dimana pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Lemahnya keberanian siswa menyebabkan kurang adanya partisipasi aktif seperti bertanya terhadap guru, menjawab pertanyaan guru, dan kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi kelas yang akan berdampak pada hasil belajar siswa beljar sisiwa terutama pada materi getaran dan gelombang. Hal ini karena proses belajar selalu berkaitan dengan melakukan suatu aktivitas atau kegiatan. Dengan itu model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap keaktifan belajar getaran dan gelombang pada siswa kelas VIII MTsN 10 Blitar. (2) Mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar getaran dan gelombang pada siswa kelas VIII MTsN 10 Blitar. (3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Problem Based Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar getaran dan gelombang pada siswa MTsN 10 Blitar. Penelitin ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan desain non equivalen control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah 115 siswa kelas VIII MTsN 10 Blitar dengan sampel yang digunakakan adalah 31 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik sampling pada penelitian ini yakni Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar. Teknik data analisis uji instrumen dalam penelitian yaitu uji validitas dan rebilitas, pada uji prasyarat menggunaakan uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTsN 10 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTsN 10 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTsN 10 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211193081 Lucky Reza Wahyuningtyas
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:44
Last Modified: 25 Sep 2023 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40365

Actions (login required)

View Item View Item