KHURIL MAULA NUR ALIFAH, 12212193007 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL LARUTAN PENYANGGA BERBASIS LEARNING CYCLE 7E KELAS XI MIA SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER-KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (347kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Learning Cycle 7E Kelas XI MIA SMA/MA” ini ditulis oleh Khuril Maula Nur Alifah, NIM 12212193007, pembimbing Ifah Silfianah, M. Pd. Kata Kunci: E-Modul, Learning Cycle 7E, Larutan Penyangga Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami peserta didik dalam mempelajari materi larutan penyangga yaitu pada penguasaan konsep dan aplikasi rumus yang digunakan. Selain itu, sumber atau bahan belajar yang tersedia di sekolah masih dirasa kurang mencukupi kebutuhan pendidik maupun peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran tersebut. Dengan demikian, dalam mencapai tujuan pembelajaran kimia khususnya materi larutan penyangga, peneliti ingin membuat bahan ajar yang dianggap sejalan dengan materi tersebut, yaitu dengan membuat e-modul larutan penyangga berbasis learning cycle 7E, karena dapat model tersebut dapat menjadikan siswa lebih berperan akitf dalam pembelajaran. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini adalah (1) Menghasilkan dan mendeskripsikan pengembangan e-modul Larutan Penyangga berbasis Learning Cycle 7E kelas XI MIA SMA/MA (2) Mendeskripsikan tingkat kevalidan e-modul Larutan Penyangga berbasis Learning Cycle 7E kelas XI MIA SMA/MA (3) Mengetahui respon siswa terhadap e-modul Larutan Penyangga berbasis Learning Cycle 7E kelas XI MIA SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (four D model) yang direkomendasikan oleh Thiagarajan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dan angket. Wawancara digunakan untuk mengetahui kebutuhan dalam pembelajaran oleh guru kimia dan peserta didik di SMAN 1 Wates Kediri. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan pada e-modul Larutan Penyangga. Sedangkan angket untuk mengetahui respon siswa SMAN 1 Wates Kediri mengenai e-modul larutan penyangga. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, lembar wawancara siswa, lembar validasi dan angket respon siswa. Selain itu, Analisis data yang digunakan yaitu analisis validasi e-modul dan analisis angket respon siswa. Hasil penelitian ini yaitu berupa (1) pengembangan e-modul Learning Cycle 7E materi larutan penyangga dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap development. (2) Kelayakan e-modul dilihat dari hasil validasi yang divalidasi oleh 2 ahli, yaitu 1 dosen kimia dan 1 guru kimia, dari keduanya menghasilkan rata-rata persentase yaitu 88,25% dengan kategori sangat valid. (3) Respon siswa dari 34 siswa dari SMAN 1 Wates Kediri menghasilkan rata-rata persentase yaitu 73,17% dengan kategori baik. Dengan demikian, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | Khuril 12212193007 Khuril Maula Nur Alifah |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 08:44 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 08:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40367 |
Actions (login required)
View Item |