PERAN LIBRARY CAFE SEBAGAI PENARIK MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MAJAPAHIT SMK NEGERI 1 JOMBANG

FARAHDILLA ASMARA, 12310183051 (2023) PERAN LIBRARY CAFE SEBAGAI PENARIK MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MAJAPAHIT SMK NEGERI 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
PERAN LIBRARY CAFE SEBAGAI PENARIK MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MAJAPAHIT SMK NEGERI 1 JOMBANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran Library cafe dalam menarik minat baca siswa di perpustakaan Majapahit SMKNegeri 1 Jombang, serta kendala yang dihadapi oleh pustakawan perpustakaan Majapahit dalam menerapkan konsep Library Cafe. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang terdiri dari 16 informan, dan sumber data sekunder meliputi jurnal, artikel ilmiah, sumber data arsip, dan dokumen resmi. Teknik data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan peran library cafe sebagai penarik baca siswa SMK Negeri 1 Jombang diantaranya :meningkatkan minat baca siswa, menyediakan tempat belajar yang nyaman, dan sebagai bentuk promosi perpustakaansekolah. Diikuti dengan kendala yang dihadapi oleh pustakawan/pengelola perpustakaan seperti: perizinan dan regulasi yang rumit, sulit menjaga kebersihan dan merawat perpustakaan, kurangnya sumberdaya manusia, dan kurangnya kesadaran serta promosi perpustakaan. Kata Kunci: Perpustakaan Kafe; Perpustakaan Sekolah; Minat Baca

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:34
Last Modified: 26 Sep 2023 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40505

Actions (login required)

View Item View Item