ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR

HERLIN MURDIANA RANIKA PUTRI, 12211193056 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengang judul “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir” ini ditulis oleh Herlin Murdiana Ranika Putri, NIM. 12211193056, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Desyana Olenka Margareta, M.Si. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, kemampuan pemecahan masalah fisika, Getaran dan Gelombang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan bahwa banyak diantara siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir yang tidak bisa mengembangkan pemahamannya terhadap konsep Fisika tertentu hal ini dikarenakan antara perolehan pengetahuan dengan prosesnya tidak terintegrasi dengan baik dan tidak memungkinkan siswa untuk menangkap makna secara fleksibel. Pada umumnya kemampuan pemecahan masalah siswa masih sangat rendah. Sehingga kemampuan tersebut perlu diasah atau dilatih. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bagaimana kesulitan belajar pada siswa yang berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah fisika pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. 2) mendeskripsikan bagaimana kesulitan belajar pada siswa yang berkemampuan sedang, dalam memecahkan masalah fisika pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. 3) mendeskripsikan bagaimana kesulitan belajar pada siswa yang berkemampuan rendah, dalam memecahkan masalah fisika pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. Indikator kemampuan pemecahan masalah pada sekolah menengah pertama atau madrasah Tsanawiyah yang diteliti ada empat komponen yaitu memahami masalah, meyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif . Subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu dengan 2 siswa berkemampuan akademing tinggi, 2 siswa dengan kemampuan akademik sedang, 2 siswa dengan kemampuan akademik rendah. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes denan soal uraian dan wawancara yang disesuaikan dengan indikator pemecahan masalah siswa. Dari hasil tes siswa siswa dikelompokkan menjadi tiga kategori (tinggi, sedang, rendah) yang diwakili 2 subjek dari setiap kelompok kategori. Dari ke-6 subjek kemudian dilakukan proses wawancara yang berkaitan dengan hasil tes pemecahan masalah yang telah dikerjakan. tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa yang berkemampuan akademik tinggi mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. (2) siswang yang berkemampuanakademik sedang mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah tetapi belum sempurna yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. (3) siswa yang berkemampuan akademik rendah belum mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193056 Herlin Murdiana Ranika Putri
Date Deposited: 01 Oct 2023 05:45
Last Modified: 01 Oct 2023 05:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40551

Actions (login required)

View Item View Item