PRAKTEK PEMBELIAN PUPUK DENGAN DUA OPSI HARGA DI INTERNAL KELOMPOK TANI DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Praktek Jual Beli Pupuk Di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Tulungagung)

BAYU WIDODO, 17101163117 (2022) PRAKTEK PEMBELIAN PUPUK DENGAN DUA OPSI HARGA DI INTERNAL KELOMPOK TANI DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Praktek Jual Beli Pupuk Di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)

Abstract

ABSTRAK Bayu Widodo, NIM 17101163117, “Praktik Pembelian Pupuk Dengan Dua Opsi Harga Di Internal Kelompok Tani Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Praktek Jual Beli Pupuk Di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)”, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Moh. Ali Abdul Shomad V.E.A.,S.Ag.,M.Pd.I Kata Kunci: Jual Beli, Dua Opsi, Internal Kelompok Tani Penelitian ini di latarbelakangi adanya praktik jual beli dengan dua opsi olek kelompok tani yang ada di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat. Namun demikian hasil panen yang kurang maksimal dapat menghambat pinjaman pupuk yang dilakukan antar kelompok tani. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana praktik pembelian pupuk dengan dua opsi di internal kelompok tani Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, 2) bagaimana status hukum pembelian pupuk dengan dua opsi harga di internal kelompok tani Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung di tinjau dari hukum islam. Metode peneltian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis peneltian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Jual beli yang dilakukan pada internal kelompok tani Desa Tanggung Kecamatan Tanggung terbagi menjadi dua yakni dibayar langsung atau kontan dan secara hutang. Syarat utama dalam berhutang pupuk di internal kelompok tani Desa tanggung Kecamatan Campurdarat harus memiliki kartu kelompok tani, tidak memiliki hutang pupuk yang belum lunas serta merupakan pemilik lahan. Apabila terjadi kredit macet penjual memberikan kelonggaran kepada pihak petani tanpa adanya denda. Penetapan kelonggaran waktu bayar ini berkisar satu minggu hingga satu bulan tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. 2) Paktik jual beli dengan dua opsi di internal kelompok tani Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat sudah sesuai dengan syariat islam. Dalam praktik bermuamalahnya tidak ada unsur merugikan satu sama lain meskipun terdapat kendala telat bayar. Objek yang diperjual belikan dapat bermanfaat dan jelas atas fungsinya, serta transaksi didasarkan unsur kesukarelaan antar penjual dan pembeli.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163116 BAYU WIDODO
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:12
Last Modified: 16 Oct 2023 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40584

Actions (login required)

View Item View Item