PEMBAGIAN PERAN SUAMI ISTRI KELUARGA PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF TRILOGI KONGRES ULAMA PEREMPUAN INDONESIA (Studi Di Pasar Mojo Kabupaten Kediri)

IRMA OKTAVIA ANGGRAINI, 12102193152 (2023) PEMBAGIAN PERAN SUAMI ISTRI KELUARGA PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF TRILOGI KONGRES ULAMA PEREMPUAN INDONESIA (Studi Di Pasar Mojo Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Irma Oktavia Anggraini, 12102193152, Pembagian Peran Suami Istri Keluarga Pedagang Pasar Perspektif Trilogi Kongres Ulama Perempuan Indonesia (Studi Di Pasar Mojo Kabupaten Kediri), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syari’ah Dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2023, Pembimbing: Arifah Millati Agustina, M.H.I. Kata kunci: Pembagian Peran Suami Istri, Pedagang Pasar, Trilogi KUPI Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah masih banyak masalah yang terjadi pada masyarakat terutama dalam pembagian peran suami istri dalam keluarga pedagang pasar. Dalam masalah ini, dikarenakan pasangan suami istri belum faham dengan konsep Trilogi/tritunggal KUPI yang seharusnya diterapkan dalam rumah tangga. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana pembagian peran suami istri keluarga pedagang di Pasar Mojo? (2) bagaimana pembagian peran suami istri keluarga pedagang di Pasar Mojo ditinjau dari perspektif Trilogi Kongres Ulama Perempuan Indonesia? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pembagian peran dari suami istri yang bekerja sebagai pedagang di Pasar Mojo. (2) untuk mengetahui pembagian peran dari suami istri yang bekerja sebagai pedagang di Pasar Mojo ditinjau dari perspektif Trilogi Kongres Ulama Perempuan Indonesia. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembagian peran suami istri pada keluarga pedagang di Pasar Mojo masih belum adil dan seimbang. Hal ini dibuktikan dengan suami yang hanya memedulikan wilayah publik saja. Sedangkan kepedulian urusan domestik masih cukup rendah. 2) Dari perspektif Trilogi KUPI, pembagian peran suami istri keluarga pedagang di Pasar Mojo belum sepenuhnya sejalan dengan pendekatan-pendekatan KUPI. Dilihat dari pendekatan ma’ruf, masih terdapat suami yang tidak berlaku adil kepada istrinya. Kemudian dilihat dari pendekatan mubadalah, masih ada pasangan suami istri yang tidak bekerja sama dan tidak bermitra dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Selanjutnya dilihat dari pendekatan keadilan hakiki, istri dari keluarga pedagang pasar Mojo belum sepenuhnya mendapat keadilan secara hakiki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102193152 IRMA OKTAVIA ANGGRAINI
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:34
Last Modified: 02 Oct 2023 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40620

Actions (login required)

View Item View Item