NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL 7 PRAJURIT BAPAK KARYA WULAN NURAMALIA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

ZIIDA SINTA NURIAH, 12210183125 (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL 7 PRAJURIT BAPAK KARYA WULAN NURAMALIA DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)

Abstract

kripsi yang berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 7 Prajurit BapakKarya Wulan Nuramalia dan Relevansinya pada Pembelajaran Sastra di MA Darul HudaWonodadi Blitar” ini ditulis oleh Ziida Sinta Nuriah, NIM 12210183125, pembimbing IbuRahmawati Mulyaningtyas, M.Pd.Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Pembelajaran SastraKarya sastra mencerminkan berbagai masalah kehidupan manusia. Karya sastra dapatberinteraksi dengan lingkungan, sesama manusia dan dengan Tuhannya. Karya sastra juga dapatdipakai untuk menggambarkan apa yang ditangkap oleh pengarang tentang kehidupansekitarnya. Membaca karya sastra memang tidah hanya untuk kesenangan. Sebabnya, karyasastra sesungguhnya juga merupakan miniatur kehidupan dengan berbagai persoalannya. Darikarya sastra itulah kita dapat pula dapat menjadikannya cermin kehidupan serta dapatmemperoleh pelajaran, karena sastra itu pun mengandung ajaran moral,estetika, dan berbagai halyang menyangkut tata pergaulan sesama umat manusia. Karya sastra juga berguna untukmenambah pengalaman bagi pembaca.Salah satu karya fiksi yang berbentuk prosa adalah novel. Novel 7 Prajurit Bapakmenceritakan keinginan Bapak menjadikan 7 anak laki-lakinya menjadi tentara tetapi sampaiBapak meninggal belum ada satupun anaknya yang menjadi tentara, setelah Bapak meninggalkeinginan Bapak diwujudkan oleh Putra anak terakhir Pak Cahyo. Penelitian ini bertujuan (1)Mendeskripsikan bentuk nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel 7 Prajurit Bapak karyaWulan Nuramalia, dan (2) Merelevansikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel 7 PrajuritBapak karya Wulan Nuramalia terhadap pembelajaran sastra di MA Darul Huda WonodadiBlitar.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Datapenelitian ini ialah monolog, dialog, dan kalimat yang terdapat dalam novel 7 Prajurit Bapak.Untuk menganalisis data yang diperoleh yaitu dengan model mengalir. Keabsahan data, dalampenelitian ini menggunakan teknik triangulasi teori. Pengumpulan data yang digunakan adalahdokumentasi, yaitu dengan membaca novel berulang-ulang, memberi kode pada teks sesuaiinstrumen, dan melakukan klasifikasi data sesuai dengan permasalahan yang diteliti.Perlunya pendidikan karakter saat ini berguna untuk mewujdkan generasi bangsa yangberbudi. Tujuan penelitian ini adalah mengunkapkan nilai karakter yang ada pada novel yangdapat digunakan oleh para pembaca sekaligus pengajar dalam menyisipkan pendidikan karakterdi kelas. Hasil analisis data penelitian nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel 7Prajurit Bapak karya Wulan Nuramalia ditemukan 15 nilai-nilai pendidikan karakter yakni nilaipendidikan karakter religius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilaikreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai menghargai prestasi, nilaibersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli sosial, dan nilaitanggunga jawab.Berdasarkan hasil wawancara dengan guru novel 7 Prajurit Bapak dan nilai-nilaipendidikan karakter ini dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran sastra yang diterapkan padakurikulum 2013 yaitu kompetensi dasar (KD) 3.7 yang berisi “Menganalisis nilai-nilai (budaya,sosial, moral, agama, dan pendidikan) dalam novel.” sehingga penelitian ini dapat digunakansebagai salah satu topik dalam pembelajaran sastra kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Huda

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Rahardia Utami
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:52
Last Modified: 04 Oct 2023 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40694

Actions (login required)

View Item View Item