NURUL MASROFAH, 2811123184 (2016) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
COPER.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (deal).pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (deal).pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (deal).pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text
BAB IV REV.pdf Download (148kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Masrofah, Nurul. NIM: 2811123184. 2016. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Ilmu Keislaman (FTIK), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik GPAI Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa bagaimana kedudukan atau posisi (status) kepala sekolah sebagai seorang pemimpin yang baik, jujur, dan bijaksana dan serta bagaimana upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di era globalisasi melalui peningkatan kualitas Kompetensi Pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama yang berkaitan dengan peran kepala sekolah. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 2 Sumbergempol? (2) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam membimbing dan mengarahkan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 2 Sumbergempol? (3) Bagaimana kepala sekolah memotivasi guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di di SMP Negeri 2 Sumbergempol? . Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang kepemimpinan kepala sekolah sebagai seorang pemimpin sekaligus dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan memfokuskan penelitian pada Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di di SMP Negeri 2 Sumbergempol dan berbagai karya tulis yang ada kaitannya dengan fokus penelitian. Adapun dalam memperoleh data, melalui wawancara, Observasi terlibat atau partisipasi dan Dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menarik sebuah kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan, yang dilakukan secara obyektif dan sistematis dengan menggunakan teknik analisis Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Agar data yang sudah didapat dapat memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, dapat dilihat dari segi kebijakan yang ditetapkan, strategi-strategi yang dilakukan dan peran kepala sekolah sebagi motivator . Dalam menetapkan suatu kebijakan dilakukan secara bersama dalam suatu forum rapat guru yang dilakukan pada awal tahun ajaran baru. Adapun strategi-strategi yang dilakukan kepala sekolah adalah sebagai berikut: Di ikutkan diklat, Supervisi,dan Kedisiplinan. Adapun motivasi kepala sekolah dalam hal ini adalah sebagai berikut: Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, Disiplin, dan Dorongan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123184 NURUL MASROFAH |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 04:17 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4070 |
Actions (login required)
View Item |