STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENERAPKAN PERMAINAN LEMPAR DADU UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL HIDAYAH DEMUK KABUPATEN TULUNGAGUNG

KHOLILIA ABADIATUL MASRUROH, 12206193031 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENERAPKAN PERMAINAN LEMPAR DADU UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL HIDAYAH DEMUK KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (365kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Kholilia Abadiatul Masruroh, NIM. 12206193031, “Strategi Pembelajaran Guru dalam Menerapkan Permainan Lempar Dadu untuk Menstimulasi Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok A di RA Al Hidayah Demuk Kabupaten Tulungagung”, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing : Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Permainan Lempar Dadu, Menstimulasi Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masa anak usia dini adalah masa yang sangat penting bagi anak untuk mendapatkan stimulasi pada aspek perkembangannya yang harus dikembangkan dengan maksimal, apalagi pada aspek kognitif anak. Karena perkembangan kognitif bisa dijadikan kesiapan bagi anak untuk kehidupan di masa depan. Dari fenomena yang terjadi dimana dunia anak usia dini adalah dunia bermain seperti pada kegiatan permainan lempar dadu yang merupakan salah satu pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Karena pada kegiatan ini anak akan dilatih untuk bisa berfikir logis dan pemecahan masalah. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti tentang strategi pembelajaran guru dalam menerapkan permainan lempar dadu untuk menstimulasi perkembangan kognitif pada anak kelompok A di RA Al Hidayah Demuk Kabupaten Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran permainan lempar dadu untuk menstimulasi perkembangan kognitif pada anak kelompok A di RA Al Hidayah Demuk Kabupaten Tulungagung?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran permainan lempar dadu untuk menstimulasi perkembangan kognitif pada anak kelompok A di RA Al Hidayah Demuk Kabupaten Tulungagung?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran permainan lempar dadu untuk menstimulasi perkembangan kognitif pada anak kelompok A di RA Al Hidayah Demuk Kabupaten Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran guru dalam menerapkan permainan lempar dadu untuk menstimulasi perkembangan kognitif pada anak kelompok A di RA Al Hidayah Demuk Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di RA Al Hidayah Demuk Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dengan reduksi data, display (penyajian data), dan conclusion drawing (kesimpulan sementara). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, pembahasan sejawat, dan memperpanjang keikutsertaan. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan kegiatan evaluasi. Pada kegiatan perencanaan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menetapkan alokasi waktu dan jadwal kegiatan, memilih dan mempersiapkan media pembelajaran dan menentukan bentuk penilaian. Selanjutnya pada pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan berpedoman pada RPPH dan memberikan tugas pada anak untuk belajar bertanggungjawab dan memberikan bimbingan, motivasi dan nasihat bagi anak. Terakhir pada kegiatan evaluasi guru mengamati setiap kemampuan anak dalam melakukan kegiatan, dan unjuk kerja dari hasil karya anak untuk mengetahui hasil perkembangannya. Selanjutnya dari kedua kegiatan tersebut dicatat pada buku catatan perkembangan anak untuk disampaikan kepada wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12405183059 MOH LUTVI IRVAN ATTAMAMI
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:46
Last Modified: 04 Oct 2023 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40710

Actions (login required)

View Item View Item