ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI JAGAL SAPI PADA MASA WABAH PENYAKIT MULUT DAN KUKU TERHADAP PROFITABILITAS PENJUALAN DAGING SAPI (Studi Kasus pada Jagal Sapi Rizquna Wonodadi Kab. Blitar)

MOHAMMAD WILDAN FIRDAUS, 12405193288 (2023) ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI JAGAL SAPI PADA MASA WABAH PENYAKIT MULUT DAN KUKU TERHADAP PROFITABILITAS PENJUALAN DAGING SAPI (Studi Kasus pada Jagal Sapi Rizquna Wonodadi Kab. Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Firdaus, Mohammad Wildan. Nomor Induk Mahasiswa 12405193288. Analisis Manajemen Produksi Jagal Sapi di Masa Wabah Penyakit Mulut dan kuku Terhadap Profitabilitas Penjualan Daging Sapi di Jagal Sapi Rizquna Desa Wonodadi Kab. Blitar. Skripsi. Prodi Manajemen Bisnis Syariah. Jurusan Manajemen dan Bisnis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom. Wabah penyakit pada hewan ternak, seperti penyakit mulut dan kuku, menjadi ancaman serius bagi produksi peternakan dan mengganggu stabilitas ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen produksi jagal sapi selama wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap profitabilitas penjualan daging sapi di Jagal Sapi Rizquna Desa Wonodadi Kab. Blitar. Pemaparan dari hasil penelitian ini berisi penerapan mengenai manajemen produksi yang di gunakan pada Jagal Sapi Rizquna pada masa pandemi Penyakit Mulut dan Kuku yang berdampak pada profitabilitas penjualan daging sapi.Terdapat tiga fokus penelitian dalam skripsi ini, yakni : (1) Bagaimana manajemen produksi daging sapi pada Jagal Sapi Rizquna? (2) Bagaimana manajemen produksi jagal sapi terhadap profitabilitas produksi daging sapi ketika wabah penyakit mulut dan kuku study kasus jagal sapi rizquna ? (3) Bagaimana dampak wabah Penyakit Mulut dan Kuku terhadap penjual daging sapi ?. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus dan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan pihak jagal sapi Rizuna dan penjual daging sapi. Ketika data-data telah terkumpul, peneliti melakukan analisis lalu mengambil kesimpulan dari hasil analisis tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wabah PMK berdampak signifikan terhadap penjualan daging sapi, namun penjual daging dan Jagal Sapi Rizquna menerapkan berbagai strategi bisnis untuk mengelola operasi mereka selama wabah menyerang. Strategi-strategi tersebut meliputi melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur pada ternak, menerapkan tindakan higienis yang ketat, dan mempertahankan kualitas layanan kepada pelanggan. Akibatnya, profitabilitas penjualan daging sapi tetap stabil selama periode wabah PMK. Secara keseluruhan, penelitian ini menyarankan bahwa pengelolaan untuk beradaptasi yang tepat dari usaha jagal sapi Rizquna terhadap situasi wabah PMK yang dapat berdampak signifikan terhadap profitabilitas penjualan daging sapi. Oleh karena itu, usaha jagal sapi harus mempertimbangkan implementasi tindakan pencegahan yang tepat dan strategi bisnis untuk memastikan keberlanjutan profitabilitas penjualan daging sapi selama krisis seperti Wabah Penyakit Mulut dan Kuku. Kata Kunci : Manajemen Produksi, Profitabilitas, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:39
Last Modified: 05 Oct 2023 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40732

Actions (login required)

View Item View Item