PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL KNOWLEDGE, DAN PARENTAL INCOME TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2020-2021)

REFIANA APRILIA WIJAYANTI, 12406193234 (2023) PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL KNOWLEDGE, DAN PARENTAL INCOME TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2020-2021). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge,dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Refiana Aprilia Wijayanti, NIM. 12406193234, pembimbing Citra Mulya Sari, S.E.Sy., M.E.Penelitian ini dilatar belakangi oleh gaya hidup mahasiswa yang cenderung konsumtif. Financial attitude, financial knowledge dan parental income mempengaruhi financial management behavior pada mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung. Untuk memiliki financial management behavior yang baik seharusnya mahasiswa juga memiliki financial attitude dan financial knowledge yang baik agar dapat mengelola keuangan yang efektif dan efisien.Tujuan penelitian ini adalah 1) Menguji pengaruh signifikan financial attitude, financial knowledge, dan parental income terhadap financial management behavior mahasiswa. 2) Menguji pengaruh signifikan financial attitude terhadap financial management behavior mahasiswa. 3) Menguji pengaruh signifikan financial knowledge terhadap financial management behavior mahasiswa. 4) Menguji pengaruh signifikan parental income terhadap financial management behavior mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 81 responden. Dimana responden adalah mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung (UIN Sayyyid Ali Rahmatullah Tulungagung) Angkatan 2020-2021. Dan menganalisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Financial attitude, financial knowledge, dan parental income secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung. 2) Financial attitude secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung. 3) Financial knowledge secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung. 4) Parental income secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung Kata Kunci: Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income, Financial Management Behavior Mahasiswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Keuangan Islam
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Uang
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 12406193234 REFIANA APRILIA WIJAYANTI
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:25
Last Modified: 09 Oct 2023 08:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40885

Actions (login required)

View Item View Item