PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTSN 2 TULUNGAGUNG

YESI DWI AMELIA, 12207193121 (2023) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTsN 2 Tulungagung” yang ditulis oleh Yesi Dwi Amelia, NIM 12207193121, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Moh Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Kedisiplinan Siswa Kepala madrasah berperan penting dalam memperhatikan hal-hal yang dapat menggangu upaya peningkatan mutu sekolah, diantaranya adalah masalah kedisiplinan. Masalah kedisiplinan siswa sangat berarti bagi kemajuan sekolah. Hal ini membutuhkan banyak usaha dari berbagai pihak untuk merubahnya, terutama kepala madrasah yang sangat berperan penting dalam mendisiplinkan siswa. Kepala madrasah dan guru yang menjadi tulang punggung pendidikan yang bermutu harus berperan sebagai pembangkit semangat, motivator, pelopor dan penguat serta pendukung bagi bawahannya. Dengan kata lain, kepala madrasah merupakan salah satu motor penggerak terselenggaranya pendidikan madrasah yang bermutu. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan disiplin dalam semua aspek pengajaran. Dalam sebuah madrasah, peran seorang kepala madrasah sangat diperlukan agar disiplin siswa tumbuh di madrasah tersebut. Fokus pada peniliti ini adalah 1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung?, 2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung?, 3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung?. Dengan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dimana peneliti mengumpulkan data-data yang diuraikan secara deskriptif melalui kata-kata dan bukan dengan uraian angka-angka, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, mengunakan bahan referensi dan triagulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung dengan memberikan arahan, mengkoordinasi, memberikan contoh, membimbing dan bertanggung jawab terhadap masalah kedisipinan pada siswa, 2) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung dengan melakukan kunjungan kelas, mengobervasi kelas, pertemuan pada waktu kegiatan di madrasah, bekerja sama antara guru dan satpam, meninjau dan mengecek data-data siswa melalui buku kehadiran dan buku pelanggaran siswa, 3) Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Tulungagung dengan memberikan reward dan motivasi pada saat kegiatan diesnatalis madrasah, upacara sumpah pemuda, upacara hari pramuka, kegiatan lomba HUT RI, kegiatan pengenalan peserta didik baru, kegiatan keagamaan seperti Maulid Nabi. Reward dan motivasi yang di berikan antara lain uang, peralatan sekolah dan sertifikat penghargaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193121 Yesi Dwi Amelia
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:15
Last Modified: 12 Oct 2023 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40887

Actions (login required)

View Item View Item