HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERSTANDAR PISA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI MATERI SPLDV

MOH MIFTAKUL ULUM, 12204193235 (2023) HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERSTANDAR PISA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI MATERI SPLDV. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK Skripi dengan judul “HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) Dalam Menyelesaiakan Soal Matetamatika Berstandar PISA Berdasarkan Kemampuan Matematika Kelas VIII MTsN 5 Kediri Materi SPLDV” ini ditulis oleh Moh Miftakul Ulum NIM. 12204193235, dengan dosen pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Matematika, Higher Order Thingking Skills, Kemampuan Matematika, PISA Penelitian ini dilatar belakangi oelh rendahnya nilai PISA di Indonesia khusunya dalam bidang kempetensi matematika sebagaimana tercatat di dalam PISA 2018. Soal-soal PISA khususnya kompetensi matematika level4, level 5, dan level 6 yang memiliki kaitan erat dengan higher order thingking skills (HOTS). Oleh karena itu, peneliti bergerek untuk melakukan penelitian yang berkeitan dengan higher order thingking skills (HOTS) siswa dalam meneyelasaiakan masalah matematika berstandar PISA berdasakan kemampuan matematika di MTsN 5 Kediri materi SPLDV. Dengan harapan dapat mengetahui HOTS siswa melalui peninjauan kemampuan matematika yang mereka miliki khusunya pada materi SPLDV. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan higher order thingking skills (HOTS) siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam meneyelesaikan masalah matematika berstandar PISA kelas VIII di MTsN 5 Kediri materi SPLDV, (2) untuk mendeskripsikan higher order thingking skills (HOTS) siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam meneyelesaikan masalah matematika berstandar PISA kelas VIII di MTsN 5 Kediri materi SPLDV, (3) untuk mendeskripsikan higher order thingking skills (HOTS) siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam meneyelesaikan masalah matematika berstandar PISA kelas VIII di MTsN 5 Kediri materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian siswa kelas VIII-A MTsN 5 Kediri. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah hasil kemampuan matematika, tes dan wawancara. Hasil kemampuan diperoleh dari koordinasi dengan guru maple untuk menetukan tingkat kemampuan matematika siswa. Tes yang diberikan yaitu tes higher order thingking skills untuk mengetahui HOTS siswa berstandar PISA materi SPLDV yang terdiri dari 2 soal. Teknik wawancara digunakan untuk memperolrh informasi secara mendalam mengenai higher order thingking skills kemampaun matematika siswa dalam masalah matematika berstandar PISA materi SPLDV kelas VIII MTsN 5 Kediri dari 6 subjekyang memiliki kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah belum mampu memenuhi aspek analisis, evaluasi, dan kreasi pada soal higher order thingking skills secara tepat namun cukup dapat memahami tjuan dari soal nomor1 dan soal nomor 2. (2) Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang mampu memenuhi aspek analisis dan evaluasi, namun belum mampu dalam memenuhi aspek kreasi pada soal higher order thingking skills baik nomor 1dan nomor 2. (3) Siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi aspek enalisis, evaluasi, dan kreasi pada soal higher order thingking skills secara tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Sumber Belajar
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:59
Last Modified: 16 Oct 2023 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40890

Actions (login required)

View Item View Item