PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA MI BAROKAH AT-TAHZIB KRAS KEDIRI

EVA DIAH PERMATASARI, 12308193180 (2023) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA MI BAROKAH AT-TAHZIB KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA MI BAROKAH AT-TAHDZIB KRAS KEDIRI..pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)

Abstract

Motivasi berpestasi sangat penting dalam dunia pendidikan disekolah. Ada faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa adalah adanya dukungan sosial keluarga. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal komparatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi berprestasi siswa MI Barokah at-tahdzib Kras Kediri dengan subjek sebanyak 80 siswa. Data dikumpulkan dengan dua alat ukur yakni skala dukungan sosial keluarga dan skala motivasi berprestasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS 26. Penelitian ini memberikan hasil bahwa dukungan sosial keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikansi terhdap motivasi berprestasi dengan nilai R = 0.673, R square = 0.455, serta nilai signifikansi p = 0.000 < 0.05. hal ini bermakna pengaruh yang diberikan oleh dukungn sosial kelurga terhadap motivasi berprestasi sebesar 45,5%. Semakin tinggi dukungan sosial keluarga terhadap motivvasi berprestasi siswa, dan semakin rendah dukungan sosial keluarga maka semakin rendah motivasi berpestasinya. Kata kunci : dukungan sosial keluarga, motivasi berprestasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12211193015 Jayanti Ryan Pratiwi
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:29
Last Modified: 12 Oct 2023 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40988

Actions (login required)

View Item View Item