PENGARUH METODE PENEMUAN (DISCOVERY) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

DWI NOVI PUSPAWARDANI, 2814123065 (2016) PENGARUH METODE PENEMUAN (DISCOVERY) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Halaman awal skripsi.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Penemuan (Discovery) Dengan Menggunakan Teknik Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Novi Puspawardani, NIM. 2814123065 dengan pembimbing Dr. Eny Setyowati, S.Pd, M.M. Kata Kunci: Penemuan, Scaffolding, Hasil Belajar, Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa matematika menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa karena dianggap sulit. Padahal kesulitan yang dihadapi siswa itu disebabkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika dengan baik. Hal ini diakibatkan proses pembelajaran yang kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru. Selain itu, kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan dengan materi yang diajarkan sangat berpengaruh pada minat dan pemahaman siswa sehingga akan berdampak pada hasil belajarnya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pambelajaran yang menarik dan kebebasan dalam berpikir sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Pembelajaran yang menarik dan memberikan kebebasan dalam berpikir akan menumbuhkan sikap logis, kritis, cermat, dan kreatif sehingga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keyakinan dan kesukaran terhadap matematika. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakter siswa yang diajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK PGRI I Tulungagung pada materi trigonometri. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode penemuan (discovery) dengan menggunakan teknik scaffolding terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri pada siswa kelas XI SMK PGRI I Tulungagung. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode penemuan (discovery) dengan menggunakan teknik scaffolding terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri pada siswa kelas XI SMK PGRI I Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK PGRI I Tulungagung yaitu kelas XI AP 1 dan XI AP 2, dimana kelas XI AP 1 berperan sebagai kelas eksperimen yang menerapkan metode penemuan (discovery) dengan teknik scaffolding dan kelas XI AP 2 berperan sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Jumlah siswa masing-masing kelas adalah 49 siswa. Sedangkan mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi trigonometri khususnya pokok bahasan aturan sinus, aturan kosinus, dan luas segitiga. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan metode penemuan (discovery) dengan teknik scaffolding adalah 83,88, sedangkan nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 76,02. Ini berarti hasil belajar siswa yang menggunakan metode penemuan dengan teknik scaffolding lebih unggul daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Hasil analisa dengan uji t pada data post-test diperoleh nilai thitung yaitu 3,82 dan pada taraf signifikasi 5% diperoleh ttabel = 1,664. Artinya nilai thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode penemuan (discovery) dengan teknik scaffolding terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri pada siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. (3) Besar pengaruh metode penemuan (discovery) dengan teknik scaffolding terhadap hasil belajar siswa adalah 0,788 yang dalam tabel interpretasi nilai Cohen’snya adalah 76% dan termasuk dalam kategori medium (sedang).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: PENGARUH M 2814123065 DWI NOVI PUSPAWARDANI
Date Deposited: 09 Jan 2017 06:36
Last Modified: 09 Jan 2017 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item