Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berin-tegrasi Life Skills pada Materi Bangun Ruang

Zainul, Fuad, Muhammad (2014) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berin-tegrasi Life Skills pada Materi Bangun Ruang. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I Final.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Final.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Final.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Final.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Final.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian Akhir.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : bahan ajar matematika, life skills, bangun ruang Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar matematika berupa lembar kerja siswa berintegrasi life skills pada materi bangun ruang kubus dan balok. Produk yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta, bahwa HDI (Human Development Index) Indonesia khususnya dalam bidang matematika masih rendah. Alasan lain yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini adalah, berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru setempat didapatkan hasil bahwa mayoritas peserta didik kurang aktif dalam belajar, hal itu diduga kuat karena faktor terbesar adalah latar belakang keluarga peserta didik berasal dari keluarga menengah ke bawah, sehingga kurang peduli akan arti pentingnya pendidikan, oleh karena alasan itulah pengembang berasumsi bahwa pengembangan bahan ajar berintegrasi life skills sangat cocok diterapkan. Metode dalam pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangn Borg & Gall (1985) yang dimodifikasi. Rumusan masalah dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) bagaimanakah produk pengemban-gan bahan ajar matematika berintegrasi life skills menjadi produk yang valid dan efektif ?, dan (2) adakah pengaruh penggunaan produk pengembangan bahan ajar matematika berintegrasi life skills terhadap prestasi belajar ?. Hasil validitas dari pakar bahan ajar mendapatkan persentase 96%, pakar life skills 93%, dan praktisi lapangan 76%, yang kesemuanya mendapakan kriteria valid/tidak perlu revisi dan siap untuk uji coba lapangan. Setelah uji coba lapangan penulis mendapatkan data yang kemudian dianalisis menggunakan t-test. Setelah data dianalisis , didapatkan nilai t sebesar 4,91. Dengan mengguna-kan db = 44, pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t-tabel sebesar 2,015, dan 2,693 pada taraf signifikansi 1%. Karena (2,015:5%) < (4,91:t-hitung) > (2,963:1%), dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas yang diberikan tindakan dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan yang dihasilkan layak digunakan dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di UPTD SMPN 2 Kedungwaru Tulungagung, sehingga produk pengembangan dikatakan valid dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 02:52
Last Modified: 09 Dec 2014 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item