POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK PENGGEMAR ONLINE GAME DALAM PERSPEKTIF KYAI PESANTREN (Studi Kasus Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto)

DIKRY FAZRIEL RAMADHAN, 12102183166 (2022) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK PENGGEMAR ONLINE GAME DALAM PERSPEKTIF KYAI PESANTREN (Studi Kasus Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER....pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Maraknya online game berdampak pada banyaknya anak yang menjadi penggemar permainan ini. Hal ini yang membuat setiap individu tidak hanya menjadikan penikmat melainkan beralih status menjadi penggemar game online, suatu prilaku atau kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya kecanduan, salah satunya adalah kegiatan dalam menggunakan online game. Penggemar online game ditandai dengan sejauh mana seseorang dalam bermain game secara berlebihan yang dapat berpengaruh negative bagi pemain game tersebut. Pola asuh orang tua terhadap anak penggemar online game adalah isu yang menarik untuk dikaji dengan menggunakan perspektif kyai pesantren. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak penggemar online game di Kecamatan Bangsal Mojokerto? 2) Bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak penggemar online game di kecamatan Bangsal Mojokerto perpektif kyai pesantren? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola asuh orang tua terhadap anak penggemar online game dibagi menjadi tiga aspek yaitu material, moral, dan spritual. Pada aspek material, kebutuhan material yang bersifat primer dan dipenuhi orang tua berupa sandang, pangan, dan papan. Selain itu, orang tua memenuhi kebutuhan sekunder, yaitu handphone. Pada aspek moral, orang tua memberikan pendidikan, mendorong/memotivasi anaknya dengan memberikan bimbingan dan dukungan memadai dan adanya suri tauladan yang diberikan orang tua. Pada aspek spiritual, pendidikan akan pentingnya sholat wajib lima waktu menjadi usaha yang diterapkan dalam pengasuhan orang tua. 2) Dalam perspektif kyai pesantren, pola asuh orang tua terhadap anak penggemar online game dibilang cukup baik bahwa handphone bukan sepenuhnya menjadi kebutuhan anak sehinnga orang tua tidak berkewajiban untuk memenuhinya. Pada aspek moral, kyai pesantren berpendapat bahwa penerapan moral orang tua terbilang kurang baik karena orang tua beranggapan moral sepenuhnya dibentuk dalam lingkungan Pendidikan formal. Pada aspek spiritual, kyai pesantren berpendapat bahwa orang tua sudah memberikan yang terbaik untuk mengajarkan dan menanamkan rasa tanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183166 DIKRY FAZRIEL RAMADHAN
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:30
Last Modified: 24 Oct 2023 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41090

Actions (login required)

View Item View Item