TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI ISI ULANG VOUCHER GAME OLEH ANAK DI BAWAH UMUR (Studi Kasus di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)

WAHYU DWI AGUSTINA, 12101183108 (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI ISI ULANG VOUCHER GAME OLEH ANAK DI BAWAH UMUR (Studi Kasus di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Wahyu Dwi Agustina, 12101183108, Transaksi Jual Beli Isi Ulang Voucher Game oleh Anak di Bawah Umur Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Jual Beli, Voucher Game, Anak Di Bawah Umur, Hukum Islam Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya anak di bawah umur yang ada di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung sudah melakukan transaksi jual beli isi ulang voucher game online dengan nominal yang besar yaitu mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,-. Rata-rata umurnya yang melakukan transaksi jual beli isi ulang voucher game yaitu 11 tahun. Fokus penelitian ini tentang transaksi jual beli isi ulang voucher game yang dilakukan oleh anak di bawah umur dengan pertanyaan sebagai berikut: 1) Bagaimana transaksi jual beli isi ulang voucher game oleh anak di bawah umur di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung?. 2) Bagaimana transaksi jual beli isi ulang voucher game oleh anak di bawah umur di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung dalam hukum Islam?. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Transaksi jual beli isi ulang voucher game yang dilakukan oleh anak di bawah umur yang terjadi di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung masih banyak dilakukan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar dan ratarata umurnya masih 10 tahun. Untuk nominal pembeliannya pun juga besar mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,- sekali beli. 2) Akad jual beli yang dilakukan oleh anak yang masih di bawah umur menurut hukum Islam tidak memenuhi syarat. Apabila transaksi tersebut menggunakan nominal yang sepele misal dua ribu rupiah, lima ribu rupiah, atau sepuluh ribu rupiah dianggap sah. Tetapi apabila akad jual beli yang dilakukan oleh anak yang masih di bawah umur dengan nominal besar maka akad tersebut tidak akan sah dan akad tersebut akan sah apabila anak yang masih di bawah umur melakukan transaksi jual beli dengan didampingi wali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183108 WAHYU DWI AGUSTINA
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:46
Last Modified: 20 Nov 2023 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41162

Actions (login required)

View Item View Item