TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TENTANG PEMENUHAN HAK ISTRI YANG DITINGGAL SUAMI MERANTAU (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek)

FATIMAH PRIMA SYABIKHISMALA, 12102183042 (2023) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TENTANG PEMENUHAN HAK ISTRI YANG DITINGGAL SUAMI MERANTAU (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (667kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB)

Abstract

Fatimah Prima Syabikhismala, 12102183042, Tinjauan Sosiologi Hukum Tentang Hak Dan Kewajiban Istri Yang Ditinggal Suami Merantau (Studi Kasus Desa Sugihan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggung, 2022. Pembimbing : Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I. Kata Kunci : Tinjauan Sosiologi Hukum, Hak Dan Kewajiban, Merantau Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena hak dan kewajiban seorang istri yang ditinggal merantau oleh suami terkhusus di desa Sugihan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek dengan berbagai alasan sering kali menuai konflik karena tidak terlaksananya salah satu hak suami atau istri. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji informasi terkait praktik hak dan kewajiban istri yang ditinggal suami merantau dengan kajian sosiologi hukum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana hak istri yang ditinggal suami merantau di Desa Sugihan, Kecamatan Kampak, Kabupaten trenggalek? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pemenuhan hak istri yang ditinggal suami merantau di Desa Sugihan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek? 3) Bagaimana mengatasi dalam melaksanakan hak dan kewajiban istri yang ditinggal suami merantau di desa Sugihan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek?Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan hak dan kewajiban istri yang ditinggal suami merantau di Desa Sugihan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat tentang pemenuhan hak istri yang ditinggal suami merantau. 3) untuk menganalisis solusi mengatasi hambatan dalam melaksanakan hak istri yang ditinggal suami merantau. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitisn ini adalah trigulasi yang menggabungkan dua teknik pengumpulan data dan dari sumber yang telah ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Hak istri yang ditinggal suami merantau di Desa Sugihan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek belum terlaksana dengan maksimal karena masih ada suami yang lalai dengan kewajibannya untuk melaksanakan tanggung jawabnya terhadap hak non materi istri. 2) Faktor penghambat dan pendukung tentang pemenuhan hak istri yang ditinggal suami merantau yaitu faktor ekonomi, faktor kejenuhan, faktor tidak diberi nafkah batin, faktor wawasan keagamaan, faktor pergaulan bebas, faktor media sosial, faktor psikologis, faktor kesadaran huku dan faktor penghasilan. 3) Solusi mengatasi tentang pemenuhan istri yang ditinggal suami merantau adalahjangka waktu merantau tidak lama, dengan tetap melaksanakan komunikasi yang baik dan berkomitmen antara suami dan istri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Perempuan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183042 FATIMAH PRIMA SYABIKHISMALA
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:52
Last Modified: 24 Oct 2023 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41351

Actions (login required)

View Item View Item