STRATEGI PENGELOLAAN BANK SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SUMBERDADI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus BUMDes Sumberdadi Kecamatan Sumberdadi Kabupaten Tulungagung)

MUHAMAT KHOIRUDIN, 12402183322 (2023) STRATEGI PENGELOLAAN BANK SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SUMBERDADI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus BUMDes Sumberdadi Kecamatan Sumberdadi Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (446kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “STRATEGI PENGELOLAAN BANK SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SUMBERDADI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus BUMDes Sumberdadi Kecamatan Sumberdadi Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhamat Khoirudin, NIM. 12402183322, pembimbing Dr. Mochamad Chobir Sirad, M. Pd. I. Semakin bertumbuhnya perekonomian dunia, juga semakin banyak kegiatan ekonomi baik dalam hal produksi, distribusi maupun konsumsi. Dengan demikian bertambah pula permasalahan tentang sampah yang semakin tak terbendung hal tersebut didukung dengan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah yang masih kurang. Dalam hal ini pengembangan bank sampah menjadi salah satu solusi yang terbaik untuk masyarakat. Fokus penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana peran BUMDes Dadi Jaya dalam mengelola Bank Sampah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sumberdadi? 2. Bagaimana permasalahan yang dihadapi pengelola BUMDes Dadi Jaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sumberdadi? 3. Bagaimana strategi pengelolaan Bank Sampah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sumberdadi ? Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penyajian dan analisis data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan secara deskriptif, berupa teks naratif berbentuk catatan atau kata-kata penjelasan tertulis, grafik, dan bagan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu : 1. Mulai tampak perubahan kondisi lingkungan secara fisik dengan penurunan jumlah sampah yang dibuang ke sungai maupun yang dibuang sembarangan, lingkungan tampak lebih bersih, dan warga yang produktif dalam pemilahan sampah yang di jual maupun didaur ulang. 2. Alat pengangkut barang yang tidak sebanding dengan sampah yang dihasilkan. Sehingga memperlambat penjemputan sampah dan menyebabkan sampah yang ada menjadi menumpuk kemudian masyarakat tidak mau lagi untuk mengumpulkan sampah, faktor kedua yaitu pendapatan yang sangat minim. Pendapatan yang minim menjadikan masyarakat menjadi tidak telaten dalam mengumpulkan sampah. 3. Strategi pengelola dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sumberdadi adalah adanya tahap-tahap pengelolaan bank sampah. Tahapan dalam pengelolaan bank sampah BUMDes Dadi Jaya sangat teratur, sehingga terciptanya suatu proses yang efektif dalam mencapai tujuan dari BUMDes Dadi Jaya. Kata kunci: Strategi, Pengelolaan, Bank Sampah, Peningkatan Ekonomi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bumdes
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12211193015 Jayanti Ryan Pratiwi
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:00
Last Modified: 31 Oct 2023 06:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41615

Actions (login required)

View Item View Item