PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU BRIDGE PADA OPERASI BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM PANGGUL TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016

Edi Winarto, 2814123068 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU BRIDGE PADA OPERASI BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM PANGGUL TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Bridge pada Operasi Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Islam Panggul Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Edi Winarto, NIM. 2814123068, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Alat Peraga Kartu Bridge, Hasil Belajar Matematika. Berawal sebuah keadaan tentang kondisi kurangnya tingkat hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan. Kebanyakan siswa ada yang salah/kurang mengerti serta menerima pemahaman yang kurang benar dalam mengoperasikan bilangan bulat, seharusnya urutan operasi bilangan yang benar yaitu perkalian dan pembagian terlebih dahulu, kemudian penjumlahan dan pengurangan setelahnya. Pemahaman dalam proses belajar tersebut dapat mempengaruhi perolehan hasil matematika siswa, sehingga guru hendaknya berusaha mengubah pola tersebut dengan memperkaya sumber dan media serta mengelola sumber dan media yang ada. Mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pembelajaran yang menarik agar siswa merasa nyaman dan senang belajar matematika, salah satunya dengan penggunaan alat peraga kartu bridge pada operasi bilangan dalam mengoprasikan urutan operasi bilangan. Alat peraga bisa memberikan pemahaman materi pembelajaran secara konkrit dan relistik. Kartu bridge ini digunakan untuk mengganti operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian serta tanda kurung pada materi operasi bilangan. Penggunaan kartu bridge ini ditentukan sendiri oleh peneliti bertujuan untuk penanaman kepada peserta didik agar bisa mengoperasikan bilangan secara aturan urutan operasinya Tujuan penelitian ini adalah: “Mengetahui Ada Tidaknya Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Bridge pada Operasi Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Islam Panggul Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya yaitu eksperimen semu (Quasi Experiment), teknik sampling dengan teknik purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-A dan VII-B, instrumen pengumpulan data berupa: pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan soaltes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data post-tes dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh penggunaan alat peraga kartu bridge pada operasi bilangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Panggul Trenggalek tahun ajaran 2015/2016, dengan perolehan untuk nilai hasil belajar siswa t hitung > t tabel yaitu 2,788>2,021, taraf sign 0,008 < 0,05 serta untuk nilai hasil belajar siswa t hitung > t table yaitu 4,104>2,021, taraf sign 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh hasil belajar matematika penggunaan alat peraga kartu bridge. Karena rata-rata hasil belajar siswa kelas dengan penggunaan alat kartu bridge lebih besar dari rata-rata hasil belajar siswa kelas konvensional yakni 86,04>76,81, maka penggunaan alat peraga kartu bridge lebih baik dari metode ceramah (konvensional).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123068 Edi Winarto
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:01
Last Modified: 07 Dec 2016 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4172

Actions (login required)

View Item View Item