PERSEPSI MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM TERHADAP PROGRAM DAKWAH SHIHAB & SHIHAB

SHINTA ALIMATUL ISLAM, 12305193099 (2023) PERSEPSI MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM TERHADAP PROGRAM DAKWAH SHIHAB & SHIHAB. [ Skripsi ]

[img] Text
PERSEPSI MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini mengkaji bagaimana persepsi mahasiswa terhadap program dakwah Shihab & Shihab di Narasi TV yang dilihat dari perspektif teori uses and gratifications. Persepsi masyarakat sebagai objek utama dalam kegiatan dakwah dapat dijadikan sebagai alat untuk menganalisis kesan program dakwah di media sosial bagi khalayak. Subjek penelitian adalah Mahasiswa jurusan KPI di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan 2019-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model interaktif Miles�Huberman untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Shihab & Shihab di Narasi TV memberikan kepuasan pada khalayak karena mampu mengakomodasikan berbagai motif penggunaan untuk memuaskan kebutuhan (need gratification) media kedalam sebuah program acara dakwah. Daya tarik program terletak pada eksistensi host & narasumber serta pengemasan materi dakwah yang mengedepankan nilai inspiratif, edukatif, dan hiburan. Motif yang mendorong mahasiswa KPI dalam mengakses dakwah Shihab & Shihab didominasi oleh motif informasi dimana mereka menjadikan konten dakwah Shihab & Shihab sebagai bahan belajar dan referensi dalam memproduksi sebuah konten dakwah secara kekinian. Kata Kunci: Dakwah; Youtube; Shihab & Shihab; Persepsi; Uses and Gratifications Theory

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305193099 SHINTA ALIMATUL ISLAM
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:54
Last Modified: 09 Nov 2023 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41811

Actions (login required)

View Item View Item